Cara Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Secara Efektif - Saifullah | My Everything

Cara Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Secara Efektif

Meningkatkan kemampuan berbahasa inggris saat ini merupakan suatu keharusan. Bahkan tidak hanya kemampuan berbahasa Inggris saja yang harus ditingkatkan, beberapa bahasa asing lainnya pun layak untuk dikuasai minimal dimengerti, tentu saja hal ini untuk menghadapi era globalisasi yang begitu gencar menyerbu lingkungan disekitar kita. Tapi sesuai dengan judul / tema yang saya bawa pada tulisan kali ini maka disini saya akan memberikan beberap tips dan trik tentang bagaimana cara meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris secara efektif. Mudah mudahan apa yang akan saya sampaikan ini bisa bermanfaat bagi kita semua (jadi bukan hanya untuk pembaca ya, tentunya penulis juga perlu dong belajar terus dan terus,....)

Langsung saja, berikut ini adalah tips dan trik belajar bahasa inggris yang efektif.
  1. Ingatkan diri anda bahwa belajar bahasa memerlukan proses yang bertahap, dan umumnya tidak dapat dilakukan (dicapai) hanya dalam 1×24 jam.
  2. Pastikan anda memiliki tujuan apa yang ingin Anda pelajari dan mengapa Anda perlu mempelajarinya?
  3. Jadikan belajar sebagai kebiasaan. Biasakan belajar hal baru setiap hari. Lebih baik belajar sedikit demi sedikit secara kontinyu, daripada belajar keras dua jam seminggu.
  4. Manfaatkanlah berbagai media yang menggunakan bahasa inggris, baik itu koran, majalah, atau teks apapun yang berbahasa Inggris. Anda juga bisa menonton film dan mendengar berita dalam bahasa Inggris. Lakukan ini setiap hari atau sesering mungkin.
  5. Pilih bahan ajar yang baik. Bagaimanapun, Anda tetap perlu belajar membaca, tata bahasa (grammar), menulis, berbicara, dan menyimak, sebagai satu kesatuan keterampilan berbahasa.
  6. Lakukan proses belajar itu secara konstan. Kalau Anda belajar bahasa Inggris selama 10 menit setiap hari, bahasa Inggris akan memenuhi memori otak Anda. Jika Anda belajarnya sekali dalam seminggu, jangan harap bahasa itu memenuhi memori otak.
  7. Variasikan proses belajar Anda. Dianjurkan untuk melakukan hal berbeda setiap harinya agar 4  keterampilan dalam berbahasa (baca, tulis, simak, bicara) berkembang bersamaan. Jangan terpaku pada satu aspek saja.
  8. Cari kawan belajar. Belajar bahasa secara berjamaah akan lebih menyenangkan dan memberi motivasi ganda.
  9. Pilih materi belajar yang sesuai dengan topic-topik yang Anda minati. Ini akan membuat proses belajar Anda menjadi lebih nikmat, menyenangkan, sehingga lebih efektif.
  10. Hubungkan pengetahuan tata bahasa dengan penggunaan keseharian. Belajar tata bahasa tidak akan secara otomatis membuat Anda bisa menggunakan bahasa tersebut. Jadi praktekkan secara aktif apa-apa yang sudah dipelajari.
  11. Buka mulut! Memahami suatu bahasa tidak berarti mulut Anda akan otomatis bisa berbicara dalam bahasa tersebut. Cobalah berbicara dalam bahasa Inggris dengan suara yang lantang. Kedengarannya memang aneh, tapi cara ini justru sangat efektif untuk proses belajar Anda.
  12. Bersabarlah dengan diri sendiri. Ingat bahwa belajar adalah suatu proses. Perlu waktu dan kontinuitas. Anda bukanlah sebuah computer yang memiliki tombol on dan off.
  13. Cobalah berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Menguasai grammar memang bagus. Tapi bisa berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan orang lain dalam bahasa Inggris, itu lebih bagus dan menyenangkan lagi.
  14. Manfaatkan Internet! Internet adalah sarana belajar bahasa Inggris yang luar biasa lengkap, menyenangkan, dan mudah diakses.
Sebagai pesan pamungkas berikut ini saya wasiatkan beberapa wejangan untuk Anda agar cepat dalam menguasai bahasa inggris
  1. Belajar bahasa Inggris adalah suatu proses.
  2. Bersabarlah dengan diri sendiri.
  3. Praktek praktek praktek.
  4. Tips dan trik ini juga bisa diterapkan untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing lainnya seperti bahasa jepang, bahasa arab, bahasa perancis, bahasa jerman, bahasa rusia, bahasa belanda, bahasa mandarin, juga berbagai bahasa lainnya yang tidak mungkin saya sebutkan satu persatu disini.
  5. khusus untuk para blogwalker yang ingin memiliki kemampuan berbahasa inggris seperti anggota CIA, usahakan setiap memberikan komentar agar menggunakan satu atau dua kata yang ingin kita kuasai, misalkan kata kata thank you, thanks, atau kata kata lain yang mudah diucapkan,
Cukup sekian yang dapat saya sampaikan, jika ada benarnya maka itu berarti benar, dan jika ada yang salah maka jangan salahkan saya. Want some more..?

Kolom Komentar

Centang "Beri tahu saya" supaya ada pemberitahuan melalui email saat kami membalas komentar kamu.

 
Template By Saifullah