Cara Mempercepat Koneksi Internet Yang Lelet - Saifullah | My Everything

Cara Mempercepat Koneksi Internet Yang Lelet

Cara Mempercepat Koneksi Internet Yang Lelet - saifullah.id
Internet saat ini tidak lagi menjadi kebutuhan tersier, melainkan sudah menjadi kebutuhan sekunder atau bahkan kebutuhan primer bagi sebagian kalangan yang berkerja di bidang yang selalu terhubung dengan internet (Blogger, Youtuber, Online Shop, dll).

Hal yang paling diperhatikan dalam menjelajah internet adalah tentang kecepatan koneksi. Semakin cepat suatu koneksi internet, maka semakin efisien waktu kita untuk mengumpulkan informasi dan semakin sedikit pula waktu yang dihabiskan untuk sekedar menunggu loading.

Kecepatan Internet Di Dunia
Dilansir The Next Web, Kamis (19/4/2018), Hootsuite melaporkan rata-rata kecepatan internet di dunia adalah 42.71 Mbps (internet kabel) dan 22.16 Mbps (koneksi mobile). Data ini hanya perhitungan rata-rata. Artinya ada beberapa negara yang memiliki kecepatan lebih dari itu dan ada yang sangat rendah dari itu.

Lalu negara manakah yang memiliki kecepatan internet super ngebut? Jawabannya adalah negara tetangga kita, yaitu Singapura dengan kecepatan internet sebesar 161.50 Mbps.


Kecepatan Internet Di Indonesia
Bila dibandingkan dengan kecepatan rata-rata dunia, Indonesia masih kalah jauh apalagi jika dibandingkan dengan kecepatan internet Singapura. Kecepatan internet rata-rata Indonesia adalah 13.79 Mbps (internet kabel) dan 9.82 Mbps (koneksi mobile).

Dalam sebuah laporan yang berjudul Barometer of Mobile Internet Connections in Indonesia (Barometer Koneksi Internet Mobile di Indonesia), nPref mengungkapkan dari semua operator seluler yang ada di Indonesia, ternyata Telkomsel paling unggul dalam hal kecepatan download, upload, dan browsing. Sementara dalam urusan latency dan streaming video justru dimenangkan oleh Bolt.


Peringkat Kecepatan Provider Indonesia
Setiap provider tentu saja memiliki kelemahan dan keunggulan masing-masing. Untuk itu berikut peringkat 3 besar provider tercepat dalam hal download dan upload.

Urutan kecepatan download:
  1. Telkomsel 10.64 Mbps
  2. Smartfren 9.6 Mbps
  3. Bolt 8.87 Mbps

Urutan kecepatan upload:
  1. Telkomsel 7.91 Mbps
  2. XL Axiata 2.95 Mbps
  3. Operator seluler lain di bawah 2.15 Mbps
  4. Bolt 1.23 Mbps
Nah, itulah sedikit gambaran umum tentang kecepatan koneksi internet yang ada saat ini. Ternyata jaringan internet kita lambat sekali ya. Padahal dengan kecepatan tersebut kita sudah bisa menonton video YouTube dengan lancar. Bagaimana jadinya jika kita memiliki kecepatan internet seperti Singapura? Mungkin menonton Youtube sudah seperti menonton video offline atau bahkan kalau download file 1 GB cuma butuh waktu sekian detik saja.


Penyebab Koneksi Internet Lelet
Sebelum membahas cara mempercepat koneksi internet yang lemot, ada baiknya kita cari tahu dulu penyebab koneksi internet lemot atau lelet.
  1. Sinyal
  2. Kualitas sinyal dengan kecepatan jaringan itu berbanding lurus, jika sinyalnya buruk yang ditandai dengan jumlah baloknya cuma sedikit (1 hingga 2 batang), maka besar kemungkinan kecepatan internet juga akan buruk alias lambat kayak siput.
  3. Lokasi/ Wilayah
  4. Daerah tempat kita tinggal itu sangat menentukan kekuatan sinyal sekaligus kecepatan jaringan internet. Tinggal di desa dengan di kota tentu saja memiliki kualitas jaringan yang berbeda. Namun yang lebih menentukan adalah dekat tidaknya dengan menara pemancar sinyal (BTS). Jika tinggal di kota tapi jauh dari BTS (Base Transceiver Station) juga akan mempengaruhi kekuatan koneksi.
  5. Jam Sibuk
  6. Jam sibuk juga sangat berpengaruh terhadap kecepatan koneksi internet. Karena setiap BTS (tower pemancar) memiliki spesifikasi tertentu yang bila dipakai bersamaan akan menyebabkan internet menjadi lambat. Jam sibuk di sini bisa di artikan jam ketika banyak orang menggunakan inernet. Biasanya pada siang hari, pada saat orang bersantai karena di jam tersebut biasanya orang menghabiskan waktu untuk streaming video dan memantau sosial media. Makanya di saat malam hari ketika orang sedang tidur, kecepatan koneksi akan semakin kencang.
  7. Cuaca
  8. Sudah menjadi rahasia umum, cuaca buruk juga ikut memperburuk koneksi internet. 
  9. Maintenance
  10. Maintenance (Perbaikan/ Pemeliharaan) jaringan biasanya dilakukan oleh provider untuk meningkatkan kualitas atau memperbaiki masalah dan kerusakan yang terjadi. Nah, proses maintenance ini biasanya mempengaruhi koneksi untuk sementara waktu sampai perbaikan selesai dilakukan.
  11. Paket/ Kuota
  12. Mungkin sebagian orang tidak sadar akan penyebab yang satu ini. Perlu diketahui bahwa setiap paket itu mempunyai syarat dan ketentuan masing-masing. Ada paket yang dibatasi jumlah kuota, ada juga paket yang dibatasi jumlah kecepatannya. Jika sinyal kamu penuh, koneksi orang lain juga kuat tapi jaringan kamu sendiri yang lelet, bisa jadi paket yang kamu gunakan berbeda atau kamu sudah terkena FUP (Fair Usage Policy) atau dalam bahasa Indonesia nya biasa di sebut dengan Batas Penggunaan Wajar.
  13. Perangkat
  14. Jika sinyal kuat, lokasi strategis, tidak berada di jam sibuk, cuaca bagus, provider sedang normal, dan kuotanya masih berlimpah, tapi tetap lelet juga, bisa jadi perangkat yang digunakanlahlah penyebabnya. Faktanya masing-masing smartphone/ modem memiliki kualitas berbeda-beda karena mereka memiliki software dan hardware yang berbeda pula. Makanya ketika membeli gadget kamu harus teliti dalam melihat spesifikasi barang yang akan kamu beli.

Cara Mempercepat Koneksi Internet
Tadi sudah dibahas penyebab koneksi internet lambat, nah sekarang kita akan berikan solusi dari masalah tersebut.
1. Gunakan aplikasi penguat sinyal
Ada 3 aplikasi rekomendasi yang patut kamu coba:
2. Gunakan APN
Khusus APN yang saya tahu saat ini hanya Indosat, karena saya pakai kartu Indosat Ooredoo. Cara setting APN:
  • Pergi ke Setelan
  • Pilih Koneksi
  • Klik Jaringan dan Data Seluler
  • Pilih Simcard Indosat Ooredoo
  • Klik APN/ Access Point Name/ Nama Titik Akses
  • Buat APN baru (klik tambah APN), lalu isi seperti di bawah ini:
  •  Nama: Indosat Super 4G 
  •  APN: indosatooredoo.com atau indosatm2 (pilih salah satu) 
  •  Username: indosat 
  •  Password: indosatgprs 
  •  Server: 202.155.0.25 
  •  Pilih Simpan APN, kemudian ceklis.

3. Pindah Posisi
Di desa biasanya sinyal hanya terdapat di tempat-tempat tertentu, misal di dapur sinyalnya buruk, di ruang tamu sinyalnya bagus, atau malah sebaliknya. Jadi pindahlah ke posisi yang sinyalnya bagus.

4. Gunakan Modem Mifi
Seperti nomor 3, ada situasi dimana sinyal hanya terdapat di tempat tertentu dan di tempat yang susah diraih. Misalnya ada di atas pintu atau jendela. Nah, Modem Wifi ini bisa menjadi solusi agar satu rumah bisa mendapat sinyal yang kuat. Kita tidak perlu berpindah-pindah posisi lagi. Cukup letakkan modem di posisi bagus, semuanya akan beres karena jarak jangkauan sinyal modem cukup jauh. Contoh Modem Wifi > https://youtu.be/P_zSbjt6ANg

5. Gunakan penembak sinyal
Jika cara ke 4 juga tidak berhasil, gunakanlah penembak sinyal yang bisa dibuat sendiri menggunakan kaleng bekas atau membeli antena jadi. Letakkan di luar rumah dengan tiang yang tinggi. Arahkan ke tower BTS terdekat.

6. Beli Kuota Terbaik
Sebelum membeli kuota, lihat dulu syarat dan ketentuannya. Apakah kuotanya terbagi-bagi, apakah ada FUP, dll. Untuk membeli kuota ke sini http://www.saifullah.id/p/cek-harga.html

7. Beli Smartphone Berkualitas
Jangan tergiur dengan harga murah saat membeli barang. Pahami dulu spesifikasinya seperti apa. Untuk cek spesifikasi smartphone kamu bisa ke sini https://www.saifullah.id/search/label/Spesifikasi

8. Internetan Malam
Biar tidak kesal dengan jaringan yang super lambat, coba internetan di malam hari.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat.
SHARE:

2 Komentar untuk "Cara Mempercepat Koneksi Internet Yang Lelet"

poin nomor 5 itu loh.. yang bikin bingung dari dulu... kalo pake penembak sinyal, lah sambunginnya ke hp atau modem gimana? pake kabel?

Bisa di sambungkan ke laptop (pakai kabel dengan ujung/USB type A). Bisa juga ke hp (cukup menempelkan ujung kabel dari antena yang berupa plastik ke badan hp.

Centang "Beri tahu saya" supaya ada pemberitahuan melalui email saat kami membalas komentar kamu.

 
Template By Saifullah
Back To Top