Pembahasan Soal Chapter 1: Talking About Self (Page 1-2) - Saifullah | My Everything

Pembahasan Soal Chapter 1: Talking About Self (Page 1-2)

Sebelum masuk kedalam pembahasan soal Chapter 1 buku Bahasa Inggris Kelas X SMA/ MA/ SMK/ MAK Kurikulum 2013 revisi 2017. Ada baiknya kita perhatikan terlebih dahulu apa yang menjadi tujuan utama mempelajari bab ini.

Tujuan Pembelajaran:
Setelah mempelajari Bab 1, siswa diharapkan mampu:
  1. Mengidentifikasi makna, tujuan komunikasi, struktur teks, dan unsur bahasa yang terdapat dalam teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang terkait dengan jati diri, dan hubungan keluarga sesuai dengan konteks penggunaan.
  2. Meminta dan memberi informasi tentang jati diri dan hubungan keluarga dengan menggunakan struktur teks yang tepat sesuai konteks penggunaan.
  3. Meminta dan memberi informasi tentang jati diri dan hubungan keluarga dengan menggunakan unsur bahasa (pronoun, subjective, objective, possessive) yang tepat sesuai konteks penggunaan.

Di tahap awal pembelajaran, guru di tuntut untuk memberikan sebuah permainan sebagai bentuk pemanasan kepada siswa sebelum memasuki materi lebih lanjut. Nama gamenya adalah Chinese Whisper (Bisikan orang Cina)
Gurumu akan meminta kamu membuat kelompok yang berisi 4 siswa (bisa menyesuaikan jumlah siswa satu kelas) dan menunjukkan cara bagaimana memainkan permainan Chinese Whisper. Dengarkan penjelasan gurumu dan lakukan aktivitas secepat mungkin. Cobalah untuk menjadi pemenang.
Diskusikan dengan teman sekelasmu tentang karakter yang kelempokmu perlukan untuk melakukan aktivitas ini agar berhasil dan menjadi pemenang. Jadi usahakan pemain pertama dan terakhir orang yang bisa di andalkan pengetahuan bahasa Inggrisnya ya.

Cara Bermain Chinese Whisper
1. Bentuklah sebuah kelompok yang berisi 5 orang atau lebih
Semakin banyak orang dalam satu group akan semakin bagus, karena akan semakin besar tantangannya. Pesan dari orang pertama akan berpotensi menyimpang lebih banyak dan akan menjadi lucu.

2. Tulislah pesan singkat yang berisi paling tidak 10 kata (menyesuaikan kemampuan siswa)
Kalimatnya harus dalam bahasa Inggris. Usahakan bisa dibaca dengan jelas. Isinya boleh berisi kata yang serius maupun lelucon. Buat sebanyak kelompok yang ada. Kalau dalam satu kelas ada 5 kelompok, berarti ada 5 pesan berbeda yang harus di siapkan.

3. Suruh siswa berbaris lurus atau membuat lingkaran
kalau mau membuat lingkaran sebaiknya menggunakan kursi untuk duduk supaya ada jarak di antara mereka dan mereka tidak diam-diam mendengarkan apa kata temannya. Kalau berbaris, sebaiknya berdiri saja. Kalau saya lebih suka berdiri saja, jadi tidak perlu menyusun kursi yang memancing keributan dan siswa cukup maju di depan kelas.

4. Berikan pesan yang sudah kita tulis di kertas kepada orang pertama
Minta dia untuk membisikkan isi pesan tersebut ke orang kedua.

5. Mintalah orang yang mendengar bisikan, untuk membisikkan apa yang sudah di dengarnya ke orang selanjutnya.
Ingat, pesan tadi hanya orang pertama yang boleh membacanya. Anggota yang lain hanya boleh mendengar bisikan.

6. Lakukan sampai ke orang terakhir, lalu minta orang terakhir untuk mengucapkan apa yang sudah ia dengar dengan nyaring.
Biasanya akan terdapat banyak kesalahan yang membuat permainan ini lucu dan menyenangkan. Untuk melihat sumber kesalahannya minta setiap orang satu persatu mengucapkan dengan nyaring apa yang sudah di dengar, tapi berlawanan arah ya (dari orang terakhir sampai ke orang pertama)

7. Mainkan game ini dengan kelompok selanjutnya
Kelompok yang sedikit salah adalah pemenangnya. Kelompok yang menang bisa di apresiasi dengan hadiah ataupun nilai yang bagus karena secara tidak langsung, permainan ini dapat mengecek pemahaman kosa kata dan pengucapan bahasa Inggris siswa.


Jika permaianan sudah berakhir, kita bisa melanjutkan ke materi selanjutnya, yaitu pada bagian Vocabulary Builder.
Cocokkan kata-kata dengan padanan dalam bahasa Indonesia. Bandingkan pekerjaanmu dengan teman sekelasmu. Contoh pertama sudah diberikan untukmu.

Jika sudah selesaikan, guru bisa mencocokkan pekerjaan siswa dengan kunci jawaban berikut: 

Kunci Jawaban
pen-pal = sahabat pena
sound = nampaknya
run = mengelola
(be) into = sangat menyukai
attend school = bersekolah
distant = jauh
commuter train = kereta komuter
magnificent = luar biasa
mother tongue = bahasa pertama
half (sister/brother) = saudara tiri

Note: Latihan ini bertujuan agar siswa dapat menambah pembendaharaan kosa kata baru mereka seputar mengungkapkan jati diri.

Kolom Komentar

Centang "Beri tahu saya" supaya ada pemberitahuan melalui email saat kami membalas komentar kamu.

 
Template By Saifullah