Kenapa Kita Harus Punya Modem Mifi? Apa Kelebihannya Dibanding Hotspot & Router? - Saifullah

Kenapa Kita Harus Punya Modem Mifi? Apa Kelebihannya Dibanding Hotspot & Router?

Modem mifi merupakan solusi terbaik agar memiliki jaringan wifi sendiri di rumah dengan biaya murah. Banyak sekali alasan kenapa kita harus punya modem mifi, yaitu:

1. Tidak perlu biaya pemasangan
Wifi Router:
Seperti yang kita tahu, memasang Wifi Router seperti indihome, wifi.id, TP-Link, dan router lain biasanya membutuhkan biaya pemasangan kabel telepon. Saya pernah pergi ke stand Telkomsel yang menawarkan paket Wifi. Pada saat itu mereka mengatakan untuk biaya pemasang sekitar 1 juta lebih. Tapi tergantung lokasi lagi, kalau lokasi jauh biaya bisa lebih tinggi.

Modem Mifi:
Berbeda dengan Modem Mifi yang tidak perlu biaya pemasangan. Setelah membeli modem, isi kartu, colok listrik, dan kita bisa internetan lancar.

2. Paket Internet Murah
Wifi Router:
Wifi Router memerlukan biaya paket internet perbulannya di atas 200 ribu. Paket bulanan ini ditentukan oleh jarak jangkau, kecepatan, dan besaran kuota/data. Semakin cepat, semakin jauh jarak jangkau, dan semakin besar kuota yang dipilih, maka semakin besar pula biaya setiap bulannya.


Modem Mifi:
Berbeda dengan modem mifi yang hanya menggunakan kartu SIM Card. Hal ini memungkinkan kita lebih leluasa memilih dan menentukan sendiri paket yang ingin dibeli, bisa paket harian, mingguan, dan bulanan. Selain itu kita bisa gonta ganti kartu; Telkomsel, Indosat, Three, XL, Axis, Smartfren, dan Bolt (Info terkini: Kartu Bolt sudah hengkang dari Indonesia).

Biaya internet Modem Mifi bisa kita pilih berdasarkan kemampuan kantong kita dan berdasarkan kartu, sebagai contoh jika kita pkai kartu INDOSAT, harganya sebagai berikut:
Paket perhari dibendrol mulai dari Rp 2.000an
Paket per 3 hari dibendrol mulai dari Rp 3.000an
Paket per 7 hari dibendrol mulai dari Rp 8.000an
Paket per 15 hari dibendrol mulai dari Rp 12.000an
Paket bulanan dibendrol mulai dari Rp 15.000an
Paket Unlimited Indosat 1 bulan Rp 145.000

3. Fungsinya sama seperti Wifi Router
Meskipun Modem Wifi terbilang sangat murah, tapi fungsinya sama seperti Wifi Router, yaitu menangkap sinyal dan menyebarkan sinyal internet itu ke banyak pengguna. Jadi jika dalam satu rumah biasanya beli kuota masing-masing. Setelah ada modem mifi, kita bisa mengurangi biaya internet dengan membeli 1 kuota untuk dibagi-bagi ke semua anggota keluarga.

4. Praktis
Poin ini merupakan nilai tambah yang tidak dimiliki Wifi Router. Wifi Router membutuhkan kabel telepon untuk bisa tersambung ke penyedia layanan internet. Sementara Modem Mifi memiliki jaringan sendiri melalui SIM Card HP. Itu artinya modem ini bisa dibawa kemana saja termasuk ke luar rumah dan ke tempat camping.

5. Bisa nyala tanpa listrik
Masalah yang terjadi disebagian wilayah Indonesia adalah pemadaman listrik berkala. Wifi Router membutuhkan Genset untuk bisa menyala saat keadaan darurat. Sementara Modem Mifi bisa menyala tidak hanya menggunakan Adapter dan PC, tetapi bisa juga melalui bantuan Laptop, Powerbank, Tablet, HP Android & iOS dengan bantuan kabel OTG, bahkan sekarang banyak beredar Modem Mifi dengan fitur Bypass yang sudah dibekali baterai sendiri.

6. Solusi HP 3G
Tidak bisa dipungkiri, Modem Mifi bisa menjadi solusi bagi HP yang belum mendukung jaringan 4G. Dengan modem ini, meskipun HP kamu masih 3G, kamu tetap bisa merasakan kecepatan 4G tanpa perlu beli HP baru. 

7. Solusi sinyal buruk
Saya punya pengalam buruk saat berada di desa. Di desa seringkali dihadapkan pada masalah sinyal yang tidak merata. Kadang hanya tempat-tempat tertentu yang memiliki sinyal yang bagus. Hal ini mengharuskan kita berada pada posisi tersebut terus menerus jika ingin internetan lancar.

Contoh kasusnya seperti ini: Di desa saya, saat berada di ruang tamu saya bisa internetan menggunakan jaringan 3G (tower BTS didesa saya belum support 4G), tapi kalau kita pindah ke ruang tengah atau dapur, sinyal tersebut akan hilang dan tidak stabil biasanya hanya dapat jaringan 2G. Sehingga kalau saya ingin nonton youtube, mau gak mau saya harus duduk di ruang tamu atau di teras, pasti sangat tidak enak kan? Nah, dengan modem ini akhirnya saya bisa internetan sambil jalan ke ruang tengah dan dapur. Saya hanya perlu meletakkan modem itu di tempat yang jaringannya stabil entah itu di ruang tamu atau diteras. Maka sinyal yang stabil itu akan disebar oleh modem ke seluruh bagian rumah.

8. Non-stop 24 jam
Banyak orang bilang tanpa Modem Mifi saya juga bisa, caranya pakai 2 HP. Satu HP dijadikan sebagai Hotspot, satunya lagi untuk browsing internet. Pertanyaannya adalah apakah HP bisa non-stop 24 jam berbulan-bulan? Apakah aman jika HP digunakan sambil di colok ke listrik?

Jawabnnya TIDAK. HP sangat tergantung sama baterai, Ketika baterai habis, wajib hukumnya di cas ulang, sehingga pada saat pengecasan, aktivitas internet kita akan terhenti. Sebenarnya bisa saja sambil cas kita gunakan untuk hotspot-an. Tapi BAHAYA nya itu loh. Ketika HP di cas sambil digunakan, temperaturnya otomatis akan meningkat mengakibatkan panas berlebih, radiasi juga meningkat, ketahanan baterai juga akan menurun bahkan bisa menyebabkan baterai kembung, dampak buruknya adalah terjadi ledakan atau efek radiasi yang kurang bagus untuk kesehatan.

Sedangkan Modem Mifi bisa aktif 24 jam non-stop berbulan-bulan tanpa dicabut-cabut.

9. Menghemat baterai
Faktanya, penggunaan baterai HP tanpa wifi dan dengan wifi itu berbeda. Saat kita menggunakan wifi, baterai HP bisa bertahan lebih lama dibanding tanpa menggunakan wifi. Yang biasanya 12 jam sudah harus cas baterai HP, setelah pakai wifi bisa jadi 24 jam baru perlu di cas.

Hal ini disebabkan oleh sinyal yang diperoleh berbeda. Kita tahu bahwa sinyal di Indonesia itu masih kurang stabil. Hal ini menyebabkan HP terus menerus mencari sinyal stabil tersebut. Sedangkan jika menggunakan wifi, hp tidak lagi berfungsi mencari sinyal stabil, tugas itu di alihkan ke modem wifi. Sedangkan HP pasti mendapat sinyal yang stabil hasil dari kerja modem tersebut. Sehingga kerja HP lebih ringan saat pakai Wifi.

10. HP jadi dingin
Sebelum pakai wifi biasanya HP sering terasa panas. Tapi setelah pakai wifi, bodi HP menjadi lebih dingin sepanjang hari. Tidak percaya? Buktikan sendiri di rumah.

Lalu, bagaimana cara memilih Modem Mifi yang bagus? Cara tersebut akan saya jelaskan di postingan selanjutnya. Agar tidak ketinggalan informasi dari kami, tekan icon lonceng pada pojok kiri bawah lalu tekan subscribe.

Kolom Komentar

Centang "Beri tahu saya" supaya ada pemberitahuan melalui email saat kami membalas komentar kamu.

 
Template By Saifullah
Back To Top
Auto Scroll Stop Scroll