Cara Extract File Menggunakan WinRAR - Saifullah | My Everything

Cara Extract File Menggunakan WinRAR

Berbicara tentang file, artinya kita akan berbicara tentang ekstensi file yang begitu banyak macamnya. Ekstensi merupakan nama lain dari bentuk, kode, atau format yang membedakan antara file yang satu dengan yang lain.

Ada 2 cara melihat ekstensi file:
  1. Dengan melihat iconnya. Setiap extensi memiliki icon yang berbeda-beda. Misalnya .txt icon-nya secarik kertas, .jpg icon-nya pemandangan, .rar icon-nya buku warna-warni yang bertumpuk, .exe icon-nya gambar software. Cara ini memang bisa diandalkan, namun tidak begitu akurat. Contohnya saja untuk file lagu dan video bisa memiliki icon yang sama yaitu media player. Begitu juga file .zip, tar, rar, dan yang lainnya bisa memiliki icon yang tidak seharusnya jika penggunanya suka menggunakan fitur Open With.
  2. Dengan melihat kode diujung file yang biasa di awali tanda titik. Coba perhatikan gambar di bawah ini.
File Extension

Nah di sana ada ekstensi file .exe, .txt, .rar, dan .zip kan?
Kalau di laptopmu tidak kelihatan, cara munculkannya mudah:
1. Klik menu View
2. Centang File Name Extensions
Taraaaa... Maka ektensi filenya akan kelihatan seperti gambar di atas.

Seperti yang saya bilang sebelumnya, extensi file itu sangat banyak. Namun berhubung kita tentang Cara Extract File Menggunakan WinRAR, jadi hanya file yg berhubungan dengan WinRAR yang akan saya jelaskan.

WinRAR adalah software untuk mengkompres/menggabungkan beberapa data/folder/file menjadi satu. Kelebihan menggunakan software ini:
  1. Agar data/folder/file aman: Aman dari terhapus antivirus dan aman dari tangan jahil karena bisa diberi password.
  2. Size semakin kecil: File besar bisa diperkecil dengan WinRAR, sehingga cocok mereka yang ingin menghemat ruang penyimpanan/memory
  3. Cocok untuk mengelompokkan file: Hampir sama seperti folder
  4. Mudah untuk di upload dan download: Karena bisa mengelompokkan beberapa file dan memperkecil ukurannya, jadi mengupload/mendownload  banyak file bisa dilakukan dengan 1 langkah saja. Tentunya dengan kuota yang sedikit juga.
Semua file bisa dimasukkan ke dalam software ini. Selain itu software WinRAR ini bisa digunakan untuk membaca beberapa file seperti: RAR, ZIP, ISO, JAR, 7-Zip, ACE, TAR, ARJ, UUE, BZ2, XZ, CAB, Z, GZip, 001.


Cara Extract File dengan WinRAR
  1. Klik kanan pada file yang akan di extract
  2. Akan ada 3 pilihan seperti gambar di bawah. Untuk memudahkan, pilih Extract Here
  3. Selanjutnya file yang ada di dalam winrar akan keluar semua. Jika berbentuk folder, kita bisa buka lagi foldernya untuk melihat isinya.
Winrar



Mudah bukan?
Selamat mencoba :)
SHARE:

Jangan lupa berkomentar ya

Centang "Beri tahu saya" supaya ada pemberitahuan melalui email saat kami membalas komentar kamu.

 
Template By Saifullah
Back To Top