Jaringan 5G - Saifullah | My Everything

Jaringan 5G

Siapapun pastinya menginginkan segalanya serba cepat, yang sekolah ingin cepat-cepat kuliah, yang kuliah ingin cepat-cepat wisuda dan bekerja, yang udah dapat kerja ingin cepat-cepat nikah, yang udah nikah ingin cepat-cepat punya anak, kemudian cucu, cicit, ciut, dan entah apalah itu namanya, ☺ termasuk yang lagi internetan, ingin koneksinya super ngebut seperti pesawat jet. ☻ Tapi sayang semuanya hanyalah hayalan. Tidak bisa dipungkiri kecepatan internet di Indonesia masihlah rendah. Kita sendiri bisa merasakan ketika melakukan pencarian di Google, masih saja harus menunggu sekian detik atau bahkan menit untuk menemukan sebuah kata kunci. Apalagi saat membuka youtube, masih ada lag dan nonton pun jadi terganggu. Tidak jarang para pengguna internet memanfaatkan sarana wifi di tempat umum ataupun di cafe untuk berinternetan dengan lancar.

Tahukah kamu saat ini kecepatan Internet di Indonesia mengalami peningkatan?
Sekedar informasi, Indonesia mengalami peningkatan terbesar dalam average peak speed. Indonesia mengalami peningkatan 157% dari tahun sebelumnya. Meskipun kita masih berada pada urutan ke-6 di dunia. Lumayanlah ya. ☺ Kedepannya mudah-mudahan kecepatan internet kita makin melaju kencang, lebih stabil, harganya lebih murah, dan kuotanya lebih banyak. Aamiin.. ☺
Akamai Intelligent Platform

Berbicara tentang kecepatan, ada beberapa tingkatan yang sudah kita ketahui bersama yaitu, 1G, 2G, 3G, dan 4G. Tapi sayangnya teknologi 4G masih belum bisa dinikmati sepenuhnya oleh rakyat Indonesia. Berbeda dengan beberapa negara di Asia seperti Jepang, Cina, dan  Korea Selatan yang ternyata telah melakukan uji coba dalam pengembangan jaringan 5G. Menurut yang Saiful tahu, Cina sedang melakukan uji coba jaringan 5G di 100 kota saat ini.



5 Fakta Seputar Jaringan 5G
Mungkin sobat penasaran apa saja keunggulan dari jaringan 5G. Berikut akan Saiful ulas 5 fakta yang mungkin bisa membuat sobat takjub dan ingin langsung merasakan jaringan 5G secepatnya.

1. 20x Lebih Cepat dari 4G
Gambar di atas merupakan perbandingan jaringan 3G, 4G, dan 5G. Jika kita mendownload file dengan jaringan 3G memerlukan waktu 26 jam (lebih dari 1 hari 1 malam), namun jika menggunakan jaringan 4G kita bisa mendownloadnya dalam waktu 6 menit. 6 menit masih bisa buka Facebook dan buat status ya. Hehe.. Tapi berbeda dengan 5G, kita hanya memerlukan waktu 3,6 detik. Wow 𛱠 Berdasarkan uji coba di Cina, mereka mengklaim bahwa kecepatan jaringan 5G bisa mencapai 20 Gbps. Artinya kita bisa download film ukuran UltraHD dalam hitungan detik sob. Keren gak tu?

2. Mendukung penciptaan teknologi baru
Dengan kecepatan yang luar biasa tentunya akan mendukung penciptaan dan pengembangan teknologi baru. Kendaraan mandiri sangat di untungkan dalam hal ini.

 




3. Tidak Ada Lagi Gangguan Jaringan
Saat ini kita masih mengalami gangguan jaringan ketika berada di tempat yang ramai. Namun pada jaringan 5G diperkirakan tidaka akan ada lagi gangguan jaringan.


4. Latensi Semakin Kecil
Latensi adalah jumlah waktu yang diperlukan agar permintaan data diterima dan dibalas ketika kita mengklik sebuah aplikasi. Pada jaringan 5G maksimal hanya 1 milidetik, bandingkan dengan 10 milidetik pada jaringan 4G.


5. Bisa Dinikmati Tahun 2020
Kapan Indonesia berimigrasi ke 5G?
Berdasarkan jenjang evolusi perubahan generasi jaringan, rata-rata perubahan itu terjadi kurang lebih 10 tahun. Sehingga bisa di perkirakan tahun 2020 kita sudah bisa mencicipi jaringan 5G di tanah air. Namun, tidak menutup kemungkinan ini akan terwujud lebih cepat dari perkiraan, mengingat teknologi yang sekarang jauh lebih maju dari teknologi sebelumnya sehingga segalanya mudah dan cepat dikerjakan.


Selamat menantikan jaringan generasi ke lima ya ☺
SHARE:

Jangan lupa berkomentar ya

Centang "Beri tahu saya" supaya ada pemberitahuan melalui email saat kami membalas komentar kamu.

 
Template By Saifullah
Back To Top