Laptop Bunyi "Tiit" atau "Beep" Saat Dinyalakan? Ini Solusinya - Saifullah | My Everything

Laptop Bunyi "Tiit" atau "Beep" Saat Dinyalakan? Ini Solusinya

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi tentang cara menangani masalah laptop/komputer yang biasa terjadi. Salah satu dari sekian banyak masalah laptop adalah masalah booting (menyalakan laptop). Bagi pengguna laptop, pasti kita tidak luput dari kegiatan menghidupkan laptop. Namun, mungkin kita pernah menemukan kejadian laptop bunyi "tiit" atau "beep" berulang-ulang. Itu membuat kita heran, jengkel, atau bahkan terkejut bukan? Nah, saya akan berbagi cara menangani masalah tersebut serta cara mencegahnya sebelum terjadi.

Untuk menangani masalah laptop bunyi tiit/beep pada saat dinyalakan adalah dengan cara mengecek keyboard laptop, karena ketika keyboard macet atau rusak akan menimbulkan bunyi pada saat dihidupkan.

Langkah Pengecekan
Untuk mengecek fungsi keyboard, berikut langkahnya:
  1. Buka Microsoft Word
  2. Tekan semua tombol pada keyboard
  3. Ada beberapa keadaan yang menandakan keyboard bermasalah: a) Keyboard Macet. b) Keybord Tertekan Sendiri. c) Keyboard Tidak Berfungsi

Langkah Perbaikan
Setiap masalah memiliki cara penangan yang berbeda beda. Untuk itu berikut saya uraikan satu persatu:

1. Keyboard Macet
Keyboard dapat dikatakan macet apabila saat ditekan terasa keras seperti ada yang mengganjal.
Cara memperbaikinya:
  1. Memiringkan laptop ke kiri/ kanan/ depan/ belakang.
  2. Tekan tombol yang macet berulang-ulang sampai tombolnya terasa sama dengan tombol yang lain (kembali normal).
  3. Ubah posisi kemiringan jika tidak berhasil.

2. Keyboard Tertekan Sendiri
Keyboard yang tertekan sendiri biasanya menunjukkan gejala saat ditekan 1 kali tapi malah tertulis berkali-kali. Bisa juga tanpa kita tekanpun keyboardnya menulis sendiri.
Cara memperbaikinya:
  1. Install KeyTweak di sini
  2. Nonaktifkan fungsi keyboard yang bermasalah.
  3. Lalu pindahkan fungsi keyboard tadi ke tombol yang jarang digunakan. Misal tombol "P" bermasalah, makan nonaktifkan tombol "P" dan ubah tombol "F10" jadi tombol "P". Jadi jika ingin menulis P, kita cukup tekan tombol F10.
F10 hanya contoh tombol yang jarang digunakan. Kamu bisa menggunakan tombol yang lain yang menurut kamu jarang dipakai dan masih bagus.
3. Keyboard Tidak Berfungsi
Sebuah keyboard dikatakan tidak berfungsi apabila saat ditekan tidak terjadi apa-apa. Cara memperbaikinya hampir sama dengan langkah sebelumnya. Bedanya di sini kita tidak perlu menonaktifkan fungsi tombol tidak berfungsi karena tidak akan berpengaruh pada apapun.
  1. Install KeyTweak di sini
  2. Ganti fungsi tombol yang bermasalah dengan tombol yang jarang digunakan. Misal tombol "P" bermasalah, makan nonaktifkan tombol "P" dan ubah tombol "F10" jadi tombol "P". Jadi jika ingin menulis P, kita cukup tekan tombol F10.
Langkah Pencegahan
Kemacetan tombol keyboard ini biasa disebabkan oleh posisi ketika membawa laptop didalam tas dan juga di sebabkan oleh debu. Oleh sebab itu jangan sembarangan dalam menempatkan laptop dan membawanya di dalam tas. Jangan biarkan laptop terbentur dan kotor karena debu. Bersihkan laptop secara rutin. Jika cara di atas tidak berhasil mungkin kalian harus beli keyboard yang baru, tetapi saya jamin cara di atas bisa berhasil karena saya sering memperbaiki masalah keyboard laptop seperti itu.

~Semoga Bermanfaat~
SHARE:

Jangan lupa berkomentar ya

Centang "Beri tahu saya" supaya ada pemberitahuan melalui email saat kami membalas komentar kamu.

 
Template By Saifullah
Back To Top