8 Cara Memilih Modem Mifi Yang Bagus Untuk Jangka Panjang - Saifullah

8 Cara Memilih Modem Mifi Yang Bagus Untuk Jangka Panjang

Sebelum membeli modem mifi, ada beberapa hal yang wajib kamu pertimbangkan agar mendapatkan modem yang bagus dan tidak mengecewakan kedepannya.

Hal-hal yang harus diperhatikan:

1. Operator
Modem mifi dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:.
1.) SIM lock
Modem jenis ini biasanya hanya bisa menggunakan 1 jenis kartu. Contoh hanya bisa pakai Smartfren atau Bolt saja atau hanya bisa pakai kartu GSM saja atau cuma bisa pakai kartu CDMA saja. Modem jenis ini saya anggap sudah kuno karena terpaku pada jenis kartu tertentu. Biasanya modem jenis ini terikat kontrak pada salah satu operatornya.

2.) Unlock All Operator
Modem jenis ini bebas menggunakan kartu apa saja baik CDMA seperti Telkomsel, Indosat, Three, XL, dan Axis, maupun GSM seperti Smartfren dan Bolt. Saran saya, belilah modem jenis ini meskipun sekarang mungkin kita sering pakai satu jenis kartu . Namun, alangkah baiknya kita memilih barang yang sudah mendukung semua kartu. Hal ini baik untuk jangka panjang.

Misalnya kita pergi ke suatu daerah, eh ternyata kartu yang sering kita pakai tidak memiliki sinyal di sana, kita bisa membeli kartu lain dan tentu bisa dimasukkan ke modem ini.

Selain itu, biasanya tarif kuota setiap operator itu berubah-ubah, kadang murah, kadang mahal, dan terkadang ada promo tarif. Seandainya operator lain mengadakan promo kuota besar-besaran, toh kita bisa membelinya untuk langkah penghematan. Jadi kita mempunyai peluang besar untuk mendapatkan promo dari operator yang jarang kita pakai. 

2. Jaringan
Pastikan modem tersebut mendukung jaringan paling tinggi saat ini. Jaringan saat ini kan ada 2G, 3G, dan 4G. Maka belilah modem yang sudah 4G. Kalau misalnya nanti pemerintah mengeluarkan jaringan 5G, maka belilah modem yang sudah support 5G. Jangan sampai saat sudah ada jaringan 4G kalian malah membeli jaringan yang masih 3G dengan alasan didaerah kalian sinyal 4G belum dapat. Ingat kita beli barang harus memikirkan jangka panjangnya. Jangan sampai menyesal dikemudian hari.

Prinsip jaringan pada perangkat elektroik itu biasanya teknologi yang rendah pasti dicantumkan ke dalam teknologi yang tinggi. Misal, modem 4G pasti bisa menggunakan jaringan 3G dan 2G. Sedangkan modem 3G tidak bisa menggunakan jaringan di atasnya (4G). Contoh, modem kalian sudah mendukung jaringan 4G, tapi di desa kalian tower BTS-nya belum support jaringan 4G. Maka modem kalian bisa secara otomatis menyesuaikan jaringan yang ada dibawahnya.

Berbeda dengan modem 3G, meskipun tower BTS sudah support jaringan 4G, dia tidak akan bisa menggunakan jaringan 4G.

O,ya pastikan sudah mendukung 850MHz, 900MHz, 1800MHz, 2100MHz, dan 2300MHz.

3. Sistem Operasi (OS)
Pastikan modem yang dibeli sudah mendukung banyak sistem operasi:
  • Windows 2000/ 2003/ XP/ Vista/ Win7/ Win8/ Win8.1/ Win10
  • Linux
  • Mac OS
  • Android
Alasannya hampir sama dengan penjelasan sebelumnya, yaitu untuk mempermudah kalian jika suatu saat nanti ada hal yang tidak di inginkan. Misal saat ini kalian pakai windows, tiba-tiba modem kalian bermasalah tapi laptop kalian rusak. Eh sayangnya modem kalian hanya mendukung window doang. Kalian cuma ada Android, sedangkan tetangga sebelah cuma ada Mac OS. Jadi bingung kan mau betulkannya? Kalau barang sudah support banyak OS, insya Allah kedepannya tidak akan menemukan kesulitan karena banyak alternatif yang bisa digunakan.

4. Konektivitas
Zaman dulu banyak dijual modem yang hanya bisa digunakan saat dicolok ke PC/ Laptop. Saya tidak tahu apakah modem jenis tersebut masih dijual atau tidak dipasaran. Yang jelas kalian harus memperhatikan spesifikasi modem sebelum membeli. Pastikan:
  • Bisa di colok ke adapter/ charger/ cas/ powerbank/ HP
  • Ada logo WiFi
  • Plug and Play (Tinggal colok langsung bisa digunakan)
  • Auto APN (APN otomatis menyesuaikan kartu yang kita masukkan/ tidak ribet atur sana sini)
  • Bisa SMS (kalau ada fiitur ini lebih bagus, kalau tidak ada juga tidak menjadi masalah besar sih)
  • Slot MicroSD (Tidak begitu penting dijaman sekarang karena sudah ada kabel data)
5. Kecepatan
Sebenarnya kecepatan ini tidak begitu penting sih, karena biasanya kecepatan yang tertulis pada spesifikasi modem tidak sepenuhnya benar. Tapi tidak ada salahnya kalian membeli yang bertuliskan kecepatan tinggi. Misal ada 2 pilihan spesifikasinya sama, tapi kecepatan modem yang satu 500Mbps, satunya lagi 300Mbps. Saran saya beli yang 500Mbps walaupun kedengarannya tidak masuk akal.

6. Fitur Bypass
Modem itu terbagi menjadi 3, yaitu:
1.) Modem pakai baterai
Modem seperti ini hanya bisa dugunakan saat baterai masih ada, kalau baterai habis maka kita harus isi ulang dan internet kita akan terputus. Bisa saja dipakai saat pengisian tapi sangat tidak recommended karena membahayakan dan memperpendek umur baterai dan merusak modem.

2.) Modem pakai adapter
Modem jenis ini adalah modem standar. Layak untuk dibeli karena jika modem sudah bisa pakai adapter, otomatis modem ini bisa juga pakai Powerbank, Android, dan iOS. Jadi kalau listrik padam, kita tetap bisa terhubung ke internet melalui modem.

3.) Modem pakai baterai tapi bisa juga pakai adapter (memiliki fitur bypass)
Modem jenis ini paling bagus menurut saya. Dia bisa dicolokkan ke listrik menggunakan adapter tapi bisa juga pakai baterai yang sudah disediakan saat membeli. Mengingat tidak semua orang punya Powerbank, jadi kita tidak perlu lagi beli powerbank untuk keadaan darurat. Tidak perlu juga pakai Android atau iOS karena saat modem di colok ke HP, baterai HP akan jadi korban. Kamu tidak mau kan saat mati lampu, HP kita cepat mati karena modem dicolokkan di sana?

Jadi pilihlah modem yang nomor 3. Kenapa? Alasannya untuk jangka panjang dan keadaan darurat.

7. Slot Antena Eksternal
Sekali lagi tujuan kita adalah untuk penggunaan jangka panjang. Meskipun jaringan di daerah kita lumayan bagus. Tidak ada salahnya kita beli modem yang sudah memiliki lubang untuk mencolokkan antena eksternal. Antena eksternal ini berfungsi untuk memperkuat/menstabilkan sinyal.

8. Jumlah Pengguna
Mungkin di rumah kalian cuma ada 5 orang. Jangan mentang-mentang cuma ada 5 orang kalian beli modem yang bisa terhubung ke 5 pengguna saja. Tapi carilah modem yang bisa terhubung ke banyak pengguna, entah itu 8 atau 15 pengguna. Jika ada yang lebih banyak dari itu, lebih baik pilih yang lebih banyak. Karena bisa saja suatu saat nanti masing-masing menyalakan wifi dan di saat yang bersamaan kita menyalakan laptop, CCTV, TV Box dan lain-lain. Apalagi jaman sekarang gadget banyak yang membutuhkan jaringan WiFi dan tidak jarang 1 orang memiliki banyak gadget.

Lalu modem apa yang memiliki ciri-ciri di atas? Saat ini yang saya ketahui yaitu: Alcatel/ Airtel MW40. Kalau kalian menemukan modem yang lain, bisa tulis di kolom komentar ya.

Saya rasa 8 poin di atas sudah cukup sebagai pertimbangan saat ingin membeli Modem Mifi. Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian dan bisa menemukan modem yang cocok agar bisa digunakan untuk jangka panjang. Jika ada pertanyaan atau request sesuatu, sampaikan dalam kolom komentar di bawah.

Kolom Komentar

Centang "Beri tahu saya" supaya ada pemberitahuan melalui email saat kami membalas komentar kamu.

 
Template By Saifullah
Back To Top
Auto Scroll Stop Scroll