Es Buah / Es Teller / Sop Buah Yang Enak Di Pontianak Tenggara - Saifullah

Es Buah / Es Teller / Sop Buah Yang Enak Di Pontianak Tenggara

Saifullah.id - Di saat musim panas, minuman dingin menjadi solusi untuk melepas dahaga supaya segar dan adem.

Banyak varian minuman segar yang bisa kita beli di luar sana, seperti es kelapa, es jeruk besar, jus buah, dan es teller. Saya suka semua jenis minuman tersebut, apalagi es teller (es buah).

Es teller adalah minuman berisi campuran beberapa buah, jelly, dan terkadang roti. Sehingga tak jarang setelah meminum es ini perut kita akan terasa kenyang.

Buah yang sering digunakan untuk membuat es teller bermacam-macam, bisa disesuaikan dengan selera dan buah yang mudah didapat. Namun yang sering digunakan adalah buah timun lewa karena teksturnya yang lembut, semangka karena memiliki kandungan air yang banyak, buah apel karena mudah di dapat, buah anggur karena rasanya yang begitu manis, jelly/agar-agar sebagai penambah warna sehingga tampilannya menarik, buah nangka karena baunya yang khas, roti gandum sebagai pelengkap serta sebagai pengisi kebutuhan energi karena mengandung karbohidrat, serta sirup dan susu sebagai pemanis yang dapat mencampurkan semua rasa buah menjadi satu.

Dari semua bahan di atas saya rasa kandungan gizinya lumayan lengkap, ada sumber vitamin A, Vitamin B6, Bitamin B12, Vitamin C, Vitamin D, Magnesium, Zat Besi, Kalsium, Antioksidan, Asam Amino, dan Karbohidrat.

Lalu dimana lokasi tempat menjual es teller di Pontianak?

Khusus wilayah Pontianak Tenggara, ada 4 tempat yang saya ketahui menjual es teller/es buah, yaitu di jalan Imam Bonjol ada 2, di jalan Adisucipto ada 1, dan di jalan Daya Nasional juga ada 1.

Masing-masing pedagang menawarkan es teller yang berbeda rasa.

1. Es Buah Nabil
Berlokasi tepat di depan SMP Pertiwi dan Kharisma Motor. Di sini menjual Es Buah/Teller dan Es Kelapa yang enak dan isinya banyak. Di jamin kalian pasti kenyang. Penjualnya bapak-bapak berpostur badan tinggi besar.

Kalau pas jam sholat biasanya digantikan oleh anak perempuannya. Harga es Teller sebelum 2019 masih Rp 5.000 satu porsi. Di awal tahun 2019 menjadi Rp 6.000.

Saya sering beli es buah di sini karena terdekat dengan rumah dan buahnya terisi penuh. Ciri khas yang berbeda dengan es buah lainnya adalah adanya buah nangka.

2. Es Teller Jalan Daya Nasional
Terletak dekat kampus magister universitas Tanjungpura Pontianak, lapak pertama kalau kita dari gerbang jalan Imam Bonjol. Penjualnya suami istri dengan menu es buah, es jeruk besar/kecil, es tapai, es sari kacang hijau, dll.

Es yang di jual di sini rata-rata Rp 5.000. Sedangkan es tellernya memiliki ciri khas pakai roti gandum/roti tawar.

3. Es Buah Rumah Makan Salma
Letaknya berjejeran dengan Bingke Khatulistiwa Imam Bonjol, Burger WK New Camp, dan Masjid Besar Islamiyah Bansir Laut.

Es buah yang di jual memiliki ciri khas campuran potongan buah nanas dan lidah buaya.

4. Sop Buah Saung Awi
Terletak di persimpangan antara jalan Adisucipto dan jalan Sudarso dekat rumah makan padang Campago.

Bedanya dengan penjual lain, es buah di sini diberi tambahan buah anggur.

Jadi dari ke 4 tempat penjual es buah, ternyata masing-masing memiliki ciri khas dan rasa yang berbeda pula. Tinggal kita lagi yang memilih sesuai selera. Kalau saya sendiri lebih suka es buah Nabil karena isinya lumayan banyak dan dekat dengan rumah :)

Kalau kalian suka es buah yang mana?

    Kolom Komentar

    Centang "Beri tahu saya" supaya ada pemberitahuan melalui email saat kami membalas komentar kamu.

     
    Template By Saifullah
    Back To Top
    Auto Scroll Stop Scroll