Cara Isi Kuota Internet Tanpa Beli Kartu Baru

Kuota atau juga biasa di sebut Paket Data Internet sudah menjadi kebutuhan pokok saat ini. Namun, sebagian orang masih saja tidak mengerti cara isi kuota internet. Padahal internet sudah menjamur sejak bertahun-tahun yang lalu.

Kebanyakan orang mengisi kuota dengan membeli kartu baru, padahal membeli kartu baru sama artinya dengan mengganti nomor baru dan bongkar slot SIM yang ada di HP atau Modem. Hal ini memang sepele, karena saat ini semua smartphone terbaru sudah menerapkan sistem Dual SIM. Jadi slot SIM kedua bisa dipakai untuk nomor yang berganti-ganti setiap bulan.

Akan tetapi, alangkah baiknya slot SIM pada HP tidak terlalu sering dibongkar pasang karena rawan patah dan akan kendor seiiringnya waktu.

Mengetahui cara isi kuota internet sangat penting agar kita punya banyak pilihan alternatif saat kehabisan kuota.

CARA ISI KUOTA INTERNET
Cara isi kuota bermacam-macam, mulai dari via online, via offline, via aplikasi, via dial number, dan via voucher.

A. Via Online
Pembelian kuota melalui online terbilang lebih murah dibanding yang lain. Biasanya penjual online tidak mengambil untung yang banyak karena mereka tidak memiliki beban operasional dan pajak yang lebih tinggi.

Keuntungan yang mereka dapat bukan dari besar jumlah pertransaksi tapi dari komulasi keuntungan yang kecil dalam kuantitas yang banyak.

Salah satu penjual kuota internet online rekomendasi bisa kalian cek di sini

Untuk membeli kuota internet secara online, kalian membutuhkan rekening bank atau jika tidak punya rekening bisa memanfaatkan aplikasi pembayaran secara online seperti GOJEK, OVO, dan DANA.

Pengisian kuota via online tidak membutuhkan kurir antar barang karena semuanya menggunakan sistem inject langsung. Artinya kalian hanya perlu menyebutkan nomor HP yang ingin di isi kuota kepada kenjual, lalu membayar sesuai dengan harga paket yang kalian pilih. Ketika uang masuk, kuota akan masuk kurang lebih 1 menit kemudian.


B. Via Offline
Sebagian orang ada yang masih belum tahu bahwa konter dipinggir jalan bisa isi kuota inject langsung (di isi seperti pengisian pulsa tanpa perlu ganti kartu). Mengapa banyak yang tidak tahu? Hal ini diakibatkan oleh adanya sebagian konter pulsa/kuota yang hanya menjual kartu doang dan tidak menerapkan layanan tersebut.

Untuk itu kalian bisa menanyakan ke konter terdekat apakah mereka bisa isi kuota tanpa harus beli kartu terlebih dahulu.


C. Via Aplikasi
Sekarang ini banyak tersedia aplikasi yang menawarkan isi pulsa / kuota. Ada aplikasi yang pembayarannya melalui pemotongan saldo dan ada pula aplikasi yang pembayarannya melalui pulsa.

Untuk aplikasi pembelian kuota dengan potong pulsa itu biasanya aplikasi yang berasal langsung dari operator seluler. Aplikasinya bisa kalian download melalui Google Play Store atau Apps Store, berikut nama-nama aplikasinya:

  1. myIM3
  2. MyTelkomsel
  3. MySmartfren
  4. myXL, dan
  5. bima+
  6. dll

Sedangkan aplikasi yang menawarkan pengisian kuota dengan pemotongan saldo sebagai berikut:

  1. Gojek
  2. Ovo
  3. Dana
  4. Tokopedia
  5. dll
Khusus aplikasi dengan pemotongan saldo, kalian harus top up saldo terlebih dahulu baru kemudian bisa dibelikan ke kuota. Sedang aplikasi dari operator mengharuskan kalian isi pulsa dulu di nomor yang ingin di isi.


D. Via Dial Number
Pengisian kuota menggunakan dial number biasanya memotong pulsa. Jadi jika pulsa kalian tidak ada harus di isi terlebih dahulu. Cara pengisian kuota setiap operator berbeda beda. Tapi kebanyakan operator seluler menggunakan dial number *363# atau *123#. Selanjutnya tinggal pilih menu paket internet dan tentukan jumlah paket yang ingin di beli.


E. Via Voucher
Voucher itu dibagi menjadi dua macam, yaitu voucher gosok dan voucher virtual. Untuk voucher gosok biasanya bisa di beli di konter terdekat, sedangkan voucher virtual bisa di beli di sini.

Voucher Gosok biasanya berupa kertas yang bisa digosok untuk mendapatkan 16 digit angka di dalamnya, sementara Voucher Virtual tidak perlu digosok, kalian hanya perlu mengirimkan nomor hp tujuan lalu kalian akan dikirim chat balasan berupa 16 digit angka untuk pengisian kuota.

16 digit angka tersebut bisa di jadikan kuota dengan 2 cara:
1. Dial Number
Angka di masukkan ke dalam dial number
VOUCHER SMARTFREN : Cara Input *999*16 digit kode voucher#
VOUCHER AXIS : Cara input *838*16 digit kode voucher#
VOUCHER THREE : Cara input *111*16 digit kode voucher#
VOUCHER TELKOMSEL : Cara input *133*Kode Voucher#
VOUCHER INDOSAT : Cara input *556*Kode Voucher#

2. Aplikasi
Pengisian voucher dengan aplikasi mempermudah kita saat nomor kita tidak berada dalam HP. Artinya jika kalian membeli voucher, sedangkan kartu kalian ada di dalam modem, kalian tidak perlu memindahkan kartu ke dalam HP. Cukup buka aplikasi operator seluler, lalu buka menu pengisian voucher, masukkan 16 digit angka yang sudah kalian terima, maka kuota akan masuk sendirinya.

Buka Komentar