Aplikasi Raport K13 untuk SD terbaru Semester 2 Revisi 2018

Aplikasi Raport K13 untuk SD terbaru Semester 2 Revisi 2018
Saifullah.id - Guru sebagai seorang pendidik juga ditugaskan sebagai penilai kemampuan siswa didiknya. Setiap proses pembelajaran yang dilkakukan pada akhirnya harus dinilai dan dibuat laporan agar baik siswa, guru, maupun orang tua tahu perkembangan kemampuan anaknya. Semua itu di rangkum dalam sebuah buku yang biasa kita sebut Raport.

Raport merupakan dokumen penting yang wajib diterima oleh siswa setiap 6 bulan sekali (1 semester). Raport berisi catatan penilaian atau arsip dari setiap pelajaran dan kegiatan yang sudah di lalui siswa selama satu semester. Hal ini sangat penting diketahui sebagai bahan evaluasi agar kedepannya siswa bisa meningkatkan hasil belajarnya supaya lebih baik lagi.

Dalam pasal 25 (4) Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan menjelaskan bahwa kompetensi lulusan mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Ini berarti bahwa pembelajaran dan penilaian harus mengembangkan kompetensi peserta didik yang berhubungan dengan ranah afektif (sikap), kognitif (pengetahuan), dan psikomotor (keterampilan) (baca Penilaian Psikomotorik).

Disini Saifullah.id membagikan Aplikasi Raport K13 yang kami sesuaikan dengan Permendikbud RI Nomor 37 Tahun 2018 yang mana Kompetensi Dasar yang salama ini dipergunakan sudah mengalami banyak revisi pada semester kedua.


Aplikasi Raport K13 untuk SD terbaru Semester 2 Revisi 2018 sesuai dengan Permendikbud RI Nomor 37 Tahun 2018 adalah:
  1. Kompetensi Dasar (KD) sudah banyak mengalami revisi disesuaikan dengan Permendikbud RI Nomor 37 Tahun 2018
  2. Untuk nilai sikap spiritual (KI1) dan sikap sosial (KI2) tidak lagi mengisinya lewat kolom yang ada, akan tetapi harus mengisi lewat jurnal harian sikap siswa, yang nantinya jumlah sikap yang ada akan menyesuaikan dengan rekapan baik yang SANGAT BAIK maupun yang PERLU BIMBINGAN, untuk deskripsi tetap seperti biasa yaitu menggunakan sudah mampu meningkatkan bagi yang terkenan bimbingan.
  3. Pengisian nilai siswa untuk nilai pengetahuan (KI3) diisi mulai dari nilai harian tiap KD, Nilai PTS (Penilaian Tengah Semester) dan Nilai PAS (Penilaian Akhir Semester), yang mana nanti akan dijumlah secara langsung dengan rincian perhitungan 2 PH + PTS + PAS ddibagi 4 Menjadi Nilai Akhir (NA).
  4. Setiap kegiatan tengan semester Guru bisa mencetak Raport PTS dengan 2 Versi yang berbeda sehingga dapat membatu Rekan Guru dalam pengerjakan adminstrasi penilaian.
  5. Terdapat absensi harian yang nantinya secara otomatis direkap selama 1 semester.
  6. Terdapat juga menu kualifikasi nilai PAS yang biasanya diminta untuk laporan pertanggung jawaban setiap akhir kegiatan semester.
INFORMASI
Nama Aplikasi Raport K13
Sekolah SD Kelas 1-6
Semester  2 (dua)
Revisi  2018
Kurikulum  2013

SCREENSHOT
Aplikasi Raport K13 untuk SD terbaru Semester 2 Revisi 2018
Tag : Download, Ebook
Buka Komentar