Banyak Yang Tidak Tahu, Begini Cara Memarut Kelapa Yang Benar!

Banyak Yang Tidak Tahu, Begini Cara Memarut Kelapa Yang Benar!
Memarut kelapa merupakan suatu kegiatan yang bisa dilakukan oleh semua orang. Meskipun kita tidak belajar bagaimana cara memarut kelapa, namun secara naluri kita tahu bahwa dengan memasukkan kelapa pada roda gigi yang berputar, kelapa tersebut akan menjadi butiran parutan kelapa.

Tapi ada hal yang perlu kita ketahui, yaitu cara memarut kelapa yang benar agar tenaga yang kita keluarkan akan jauh lebih sedikit dan prosesnya akan jauh lebih cepat.


CARA 1
Sebelumnya mari kita perhatikan cara memarut kelapa yang salah seperti pada gambar berikut ini:

Banyak Yang Tidak Tahu, Begini Cara Memarut Kelapa Yang Benar!
Pada gambar di atas kita melihat bahwa kelapa yang kita masukkan pada mesin parut kelapa dihadapkan secara vertikal ke atas, artinya kelapanya menjadi tegak dengan ujung yang menancap pada gigi roda parutan.

Cara seperti ini bisa dibilang sah-sah saja kalau kalian merasa mudah melakukannya. Namun, dengan cara ini kegiatan memarut kelapa akan memakan waktu yang lebih lama dan tentu saja membuang tenaga yang tidak sedikit.


CARA 2

Banyak Yang Tidak Tahu, Begini Cara Memarut Kelapa Yang Benar!

Berbeda halnya ketika kita memarut kelapa dengan cara membaringkan kelapa ke atas meja mesin yang sudah disiapkan.

Nah dengan cara seperti ini tangan kita akan lebih aman karena jauh dari roda gigi parutan. Kalian bisa memilih Cara yang pertama maupun cara yang kedua, Namun ada satu cara lagi yang bisa kita terapkan agar proses memarut kelapa menjadi sangat cepat.


CARA 3

Banyak Yang Tidak Tahu, Begini Cara Memarut Kelapa Yang Benar!

Cara seperti ini, letakkan badan kelapa yang berwarna hitam pada meja parutan, lalu dorong kelapanya dari kiri ke kanan atau sebaliknya dari kanan ke kiri tergantung tangan mana yg kita gunakan saat memegang kelapanya.

Jadi kita perhatikan disini ketika kita menggeser kelapa yang kita parut dari kiri ke kanan maka kelapa tersebut akan cepat habis atau dalam waktu singkat 1 potong kelapa itu tu sudah bisa selesai diparut.

Berbeda dengan cara yang pertama dan cara yang kedua tadi, cara yang ketiga ini cukup efisien jadi kita mempersingkat waktu namun hasilnya Jauh lebih banyak dibanding Cara yang pertama dan cara yang kedua.

Mengapa hal ini bisa terjadi?
Mungkin kalian pernah belajar tentang gaya gesek pada pelajaran fisika. Kalau kita perhatikan cara pertama dan cara kedua terasa lebih lambat karena kita hanya menumpukan kelapa pada satu titik dimana ketika kita menekan kelapa tersebut pada satu titik itu, maka beban pada mesin akan menjadi sangat berat dan ini bisa menyebabkan mesinnya bisa berhenti sejenak ataupun melambat

Ini terjadi karena yang menerima gesekan itu hanya bagian tengah saja dan besar kemungkinan gigi ataupun roda pada bagian tengah akan lebih cepat panas dan tumpul. Berbeda halnya ketika kita menggunakan cara yang ketiga tadi yaitu menggesernya dari kiri ke kanan maka gaya gesek terjadi pada semua gigi roda parutan kelapa.

Artinya yang bekerja adalah gigi yang bagian kiri kemudian pindah ke bagian tengah dan pindah lagi ke bagian kanan maka beban dari roda tersebut difungsikan kepada semua gigi yang ada. Sehingga, cara ketiga dapat memperingan beban pada mesinnya, mata pisau atau roda gigi mesin akan lebih awet dibandingkan hanya menggunakan satu titik saja.

Sehingga dapat kita simpulkan:

CARA1:
  1. Agak berbahaya
  2. Butuh waktu lama
  3. Butuh tenaga banyak
  4. Mesin mudah panas dan melambat
  5. Mata pisau parutan bagian tengah akan lebih cepat tumpul
CARA 2:
  1. Relatif aman
  2. Proses lambat
  3. Butuh tenaga banyak
  4. Mesin mudah panas dan melambat
  5. Mata pisau parutan bagian tengah akan lebih cepat tumpul
CARA 3
  1. Butuh tenaga sedikit
  2. Proses pemarutan cepat
  3. Memperingan beban kerja mesin
  4. Mata pisau parutan akan lebih awet
  5. Relatif aman asal cara memegang kelapanya diperhatikan
Mungkin demikian trik sederhana yang bisa kami sampaikan. Mudah-mudahan apa yang kami sampaikan ini bermanfaat buat kalian semua jangan lupa share ke keluarga atau ke teman yang lain agar mereka tahu ternyata ada cara mudah memarut kelapa yang bisa kita terapkan di kehidupan kita sehari-hari.

Jangan lupa juga klik like subscribe dan share video ini ke keluarga kalian agar apa yang kalian tahu juga diketahui oleh mereka.
Buka Komentar