Golongan Darah O = Romantis, Golongan Darah B = Penyabar

Golongan Darah O = Romantis, Golongan Darah B = Penyabar
Pernah baca artikel tentang hubungan golongan darah dengan karakter atau sifat seseorang? Atau malah pernah nge-share? Yang biasanya berbunyi “Golongan darah O tuh orangnya romantis, “Golongan darah B orangnya penyabar”, dan sebangsanya. Pernah? Saya jamin pernah. Toh nyaris timeline semua media sosial saya pernah terisi artikel tentang golongan darah.

Pertanyaannya adalah benarkah golongan darah berpengaruh pada sifat dan karakter seseorang? Sehingga kita dengan mudah menebak karakter dan sifat seseorang dari golongan darahnya maupun sebaliknya. Pencarian saya berlanjut pada beberapa penelitian yang telah dilakukan terkait hal tersebut.

Kengo Nawata (2014), seorang psikolog sosial Jepang, menganalisis secara statistik kaitan antara golongan darah dan kepribadian pada 10.000 orang Jepang dan Amerika. Ia menemukan bahwa tidak ada relevansi antara golongan darah dan kepribadian seseorang. Studi di Australia (2003) juga sampai pada kesimpulan bahwa mengaitkan kepribadian seseorang dengan golongan darah tidak punya dasar yang valid. Dan beberapa penelitian serupa juga tidak berhasil menemukan korelasinya.

So, apa yang terjadi?

Akhirnya saya mengambil kesimpulan ini hanya sekedar guyonan berkedok ilmu cocoklogi. Tak ada yang ilmiah disini. Kalo buat guyonan sih gak masalah. Tapi kalo dibuat kepercayaan, think 1000 times deh. Karena karakter dan sifat seseorang, selain karena masalah DNA, juga dipengaruhi oleh pola asuh, pola bersosialisasi, pola pendidikan, dan lain-lain. Gak inline dengan golongan darah.

By the way, golongan darah saya O. Katanya sih, yang punya golongan darah O orangnya selalu berusaha menyenangkan teman dekatnya sendiri hanya demi ingin melihat dan membuat orang terdekatnya itu bisa tersenyum dan tertawa. Tsaahhhhhhh!

Itu aja sih!! (Syafril Riza)
Buka Komentar