Masalah Yang Sering Terjadi Pada Modem Wifi / Mifi

Masalah Yang Sering Terjadi Pada Modem Wifi / Mifi
Modem Mifi / Wifi saat ini menjamur diberbagai kalangan apalagi semenjak ada video unboxing di Channel Youtube SaifullahTV hingga di tonton lebih dari 500.000 kali sejak pertama kali upload. Di channel tersebut semua tentang modem dibahas satu persatu, diantanya:
  1. Unboxing & Review Modem Dongle USB Unlock 4G All Operator 500Mbps
  2. Charger / Cas / Adapter yang Cocok Untuk Modem Mifi
  3. Kuota Murah Unlimited Semuanya Cocok Untuk Modem
  4. Cara Reset Modem Mifi yang Tidak Memiliki Tombol Reset
  5. Cara Setting Modem Mifi di Smartphone Android / iPhone
  6. Cara Setting Modem Mifi ke 4G Only / 3G Only / 2G Only
  7. JENIS-JENIS MODEM: Jangan Salah Beli Modem Mifi...!!!
  8. Cara Sharing Internet Modem Mifi Ke 1 Juta Pengguna Sekaligus
  9. Smartfren UNLIMITED di Modem Mifi Bisa?
  10. Cara Ubah Modem Mifi Jadi Modem Biasa
  11. JANGAN CABUT KARTU MODEM!! Begini Cara Cek Kuota dan Isi Kuota Modem

Meskipun sudah di bahas secara rinci, tapi tetap saja ada pertanyaan yang muncul tentang modem wifi ini. Sebetulnya jika kita sudah menonton keenam video tersebut dan membaca setiap kolom deskripsi serta komentar yang di Pin, kita bisa memperkirakan apa penyebab modem bisa bermasalah dan bisa memperbaikinya secara otodidak.

Tapi seperti yang kita tahu, netizen Indonesia masih banyak yang gaptek akibat kurangnya budaya baca, jadi hal yang simpel pun menjadi terlihat rumit bagi mereka. Oleh sebab itu Saifullah.id seperti biasa akan memberikan solusi lewat tulisan ini

Masalah Yang Sering Terjadi Pada Modem Wifi / Mifi

1. Modem Panas
Jika dikaji secara mendalam, semua perangkat elektronik menghasilkan panas, jadi jangan panik jika modem juga terasa panas. Lalu bagaimana patokan panas tanda modem bermasalah?
  • Panas Normal
  • Masih bisa dipegang dan tidak memutuskan jaringan sendiri artinya bisa nyala 24 jam nonstop
  • Panas Bermasalah
  • Tidak bisa disentuh. Jika di sentuh bisa membuat kulit melepuh. Jaringan suka mati setelah beberapa menit atau 1 jam pemakaian.
Penyebab Modem Panas
Modem panas pasti ada penyebabnya, beberapa diantaranya karena:
  • Charger Over Daya
  • Arus minimal untuk sebuah modem rata-rata cuma butuh 1 Ampere. Meskipun terkadang ada modem yang bisa pakai arus 2.1 Ampere tapi harus memenuhi syarat, seperti tidak boleh ada fitur fast chargingnya.
  • Sinyal Tidak Stabil
  • Setiap perangkat elektronik yang berhubungan dengan sinyal memiliki sifat yang sama. Ketika sinyal yang ditangkap naik turun, maka kerja perangkat tersebut akan semakin besar sehingga menyebabkan panas yang lebih dari biasanya.

2. Modem Nyala Tapi Tidak Bisa Dihubungkan ke HP
Ada kalanya modem hidup dengan sempurna, tapi saat di hubungkan ke Hp malah gak bisa atau bahkan modem jadi mati. Penyebabnya adalah:
  • Charger Kurang Daya
  • Kelebihan daya salah, kekurangan daya juga akan salah. Segala sesuatu di dunia ini memang tidak boleh terlalu berlebihan dan terlalu kekurangan. Semuanya harus pas.


3. Modem Hanya Bisa Terhubung Ke 1 Perangkat
Sebagian orang bingung di spesifikasi modem bisa terhubung ke 8 perangkat, tapi giliran di hubungkan lebih dari 1 perangkat gak bisa meskipun passwordnya sudah benar. Penyebabnya:
  • Settingan Modem Masih Default
  • Pengaturan pabrik modem itu standarnya 1 perangkat. Pengaturan ini wajib diubah jika kita memiliki banyak perangkat apalagi untuk kebutuhan internetan keluarga di rumah. Cara settingnya sudah saya jelaskan di channel Youtube saya ya.


4. Modem Terhubung Tapi Tidak Bisa Internetan
Modem bisa dikoneksikan ke HP dan PC, tapi kok internetnya tidak jalan ya? Penyebabnya adalah:
  • Tidak Ada Sinyal
  • Coba cek di bagian dashboard modem, perhatikan bagian indikator sinyalnya, perhatikan juga bagian kecepatan downloadnya. Jika sinyal berwarna putih berarti memang tidak ada sinyal. Tapi jika sinyal berwarna hijau, bisa jadi penyebabnya;
  • Tidak Ada Kuota
  • Saya sendiri pernah ngalamin kebingungan ini, ada sinyal tapi internet tidak jalan, ternyata lupa isi kuota. Selain itu bisa jadi kuota yang kita isi memiliki ketentuan yang tidak membolehkan pakai mifi. Jadi sebelum membeli kuota pastikan kuotanya yang reguler, bukan kuota yang terbagi-bagi untuk menghindari kebijakan yang tidak diinginkan.
  • Ada Kuota Tapi Dibatasi Kebijakan Paket
  • Setiap kuota memiliki kebijakan masing-masing. Ada kebijakan yang membatasi kecepatan, lokasi, jam, dan perangkat. Paket yang membatasi perangkat contohnya Kuota Unlimited Smartfren. Dimana kebijakannya adalah kuota tidak akan bisa digunakan di perangkat mifi selain di perangkat smartfren. Untuk kuota yang lain bisa cek kebijakannya melalui aplikasi masing-masing operator.


5. Ada Sinyal, Ada Kuota Reguler, Sudah Pakai Charger Sesuai Tapi Masih Tidak Bisa Juga
Semuanya sudah terlihat benar, tapi kok masih gak bisa ya? Maka yang harus kamu lakukan cabut modem adapter dari terminal, cabut juga modem dari adapter, lalu cabut kartu. Masukkan lagi kartu, colokkan lagi. Jika masih tidak bisa juga, cobalah pakai kartu yang lain. Kalau masih tetap tidak bisa, ajukan tukar barang kepada penjual karena biasanya modem punya garansi penukaran selama 1 bulan. Jika tidak ada garansi yang diberikan toko, berarti kalian salah dalam mencari toko yang tepat. Lain kali belilah modem di sini BELI MODEM

Buka Komentar