Pembahasan Soal Chapter 1: Talking About Self (Page 9)

Pembahasan Soal Chapter 1: Talking About Self (Page 9)
Pada kesempatan kali ini tentu saja, saya akan membahas soal lagi. Namun pindah ke soal selanjutnya pada halaman 9 di buku bahasa Inggris kelas X (sepuluh). Seperti biasa saya akan mengartikan semua kalimat yang ada di soal maupun jawaban agar guru dan siswa mudah memahami dan mengingat arti dari setiap kata yang ada. Terjemahannya saya masukkan dalam kotak dengan latar belakang abu-abu ya.


Ingat, sebelum mengerjakan soal, pahami dahulu perintahnya.

Vocabulary Exercise
Latihan Kosa Kata
Soal ini bertujuan agar siswa dapat mengingat kosa kata bahasa Inggris lebih banyak lagi.

Complete the following sentences using the words in the box. Remember to use the correct forms of verbs
Lengkapilah kalimat menggunakan kata-kata di dalam kotak. Gunakan bentuk kata kerja yang benar / sesuai.
Pembahasan Soal Chapter 1: Talking About Self (Page 9)
E-pal : Teman elektronik/ email/ pena
Half sister : Saudara tiri perempuan
Mother tongue : Bahasa ibu/ bahasa utama
Slip back : Menyelipkan/ kembali ke
Run : Menjalankan/ mengelola
Sound : Terdengar
(be) into : Suka/ menyukai
Attend : Hadir/ menghadiri
Magnificent : Indah/ sangat bagus

1. Saidah has many favorite writers and books. She frequently saves her pocket money to buy best seller books. She is really into reading.
Saidah memiliki banyak penulis dan buku favorit. Dia sering menyimpan uang sakunya untuk membeli buku best seller. Dia sangat suka membaca.

2. In the next letter to Caroline, Alia wrote: “I like scuba diving. So if some day you visit Indonesia, I will take you to go scuba diving in Bunaken National Marine Park. The place is amazingly beautiful. Doesn’t that sounds cool?”
Dalam surat berikutnya kepada Caroline, Alia menulis: “Saya suka scuba diving. Jadi jika suatu hari Anda mengunjungi Indonesia, saya akan mengajak Anda pergi scuba diving di Taman Laut Nasional Bunaken. Tempat ini luar biasa indah. Bukankah itu terdengar keren? "

3. Hannah and her brothers learn how to manage their store every day. Later they want to run their own business.
Hannah dan saudara-saudaranya belajar bagaimana mengelola toko mereka setiap hari. Kemudian mereka ingin menjalankan bisnis mereka sendiri.

4. In her letter, Alia often introduces the beauty of Indonesia to her E-pal. In her emails, she describes many magnificent cultural events and amazing nature that can only be found in Indonesia.
Dalam suratnya, Alia sering memperkenalkan keindahan Indonesia kepada teman emailnya. Dalam email-emailnya, ia menggambarkan banyak peristiwa budaya yang luar biasa dan alam yang menakjubkan yang hanya dapat ditemukan di Indonesia.

5. Alia in her letter wrote that her mother tongue is Batakese, but she can also speak other languages, like Madurese, Indonesian, and English.
Alia dalam suratnya menulis bahwa bahasa ibunya adalah bahasa Batak, tetapi ia juga dapat berbicara bahasa lain, seperti bahasa Madura, Indonesia, dan Inggris.

6. Unlike Saidah who is into books, Hannah are more into animals. She has 3 dogs that need a lot of attention.
Tidak seperti Saidah yang suka membaca buku, Hannah lebih menyukai binatang. Ia memiliki 3 ekor anjing yang membutuhkan banyak perhatian.

7. Alia, Hanna, and Saidah become good friends. They hope that someday they can attend a traditional or modern music concert together.
Alia, Hanna, dan Saidah menjadi teman baik. Mereka berharap bahwa suatu hari nanti mereka dapat menghadiri konser musik tradisional atau modern bersama.

8. Hannah told Alia that she was very happy when she got a half sister, a baby girl from her mother’s second marriage.
Hannah memberi tahu Alia bahwa dia sangat bahagia ketika dia memiliki saudara tiri perempuan, bayi perempuan dari pernikahan kedua ibunya.

9. Alia has many E-pals, those with whom she makes friends by writing them emails. They live in other countries, so she never meets them.
Alia memiliki banyak teman elektronik, mereka yang berteman dengannya dengan menulis email kepada mereka. Mereka tinggal di negara lain, jadi dia tidak pernah bertemu mereka.

10.Alia likes to try to speak in English with her classmates, but just like Saidah, she also sometimes slip back into Indonesian.
Alia suka mencoba berbicara dalam bahasa Inggris dengan teman-teman sekelasnya, tetapi seperti halnya Saidah, dia juga terkadang kembali ke bahasa Indonesia.

Hal yang sering ditanyakan:
Mengapa kata "Magnificent" di dalam box tidak dipakai untuk menjawab 10 soal di atas?
Karena itu hanya pengecoh/ trik saja, sebab di antara 10 soal di atas ada 2 soal yang memiliki jawaban yang sama. Bagi siswa yang tidak memahami arti dari soal tersebut pasti akan kebingungan dalam menjawabnya dan ragu akan jawaban mereka.

Demikian pembahasan soal bahasa Inggris kelas 10 pada Bab 1 Talking About Self (Berbicara tentang diri sendiri). Semoga pembahasan soal di atas bisa membantu baik guru maupun siswa agar menemukan jawaban yang tepat. Sebab saya menemukan ada beberapa kunci jawaban yang ada di dalam buku guru dan di pencarian google yang salah. Mudah-mudahan ini menjadi solusi dari kebingungan yang terjadi.
Buka Komentar