Cara Install VPN di Laptop / PC Supaya Bisa Buka Link yang di Blokir

VPN di zaman sekarang ini sangat penting untuk dimiliki, baik bagi pengguna smartphone maupun pengguna PC / laptop. Bagi pengguna smartphone Android bisa mendapatkan VPN Premium tanpa keluar biaya di sini. Namun bagi kalian pengguna laptop, tidak perlu install software VPN lagi, karena VPN sudah tersedia dalam bentuk ekstensi saja sehingga jauh lebih praktis tanpa perlu install software.

Tapi sebelum membahas cara install VPN di laptop, ada baiknya kita bahas beberapa manfaat dari VPN itu sendiri, mengingat banyak sekali manfaat dari VPN yang mungkin belum kalian ketahui. Beberapa manfaat dari VPN diantaranya:

A. MANFAAT MENGGUNAKAN VPN

1. Membuka Website yang Diblokir Pemerintah
Banyak orang menggunakan VPN karena ingin mengakses website yang sudah diblokir oleh pemerintah & operator seluler.

Sebagai contoh situs film yang terkena peringatan internet positif biasanya akan bisa diakses kembali setelah kita menggunakan VPN.

Contoh lainnya Netflix yang diblokir oleh Telkomsel tetap bisa diakses menggunakan indihome, wifi.id, dan kartu telkomsel dengan syarat harus menggunakan VPN.


2. Mengatasi Geolocation Block
Ada negara tertentu yang sengaja memblokir beberapa website sehingga penduduknya tidak akan bisa mengakses website tersebut.

Sebagai contoh negara China, di sana mesin pencarian Google diblokir sampai rakyat China tidak bisa mengakses Google. Mereka hanya bisa menggunakan mesin pencarian milik negaranya sendiri.

Jika orang China ingin menelusuri Google, maka mereka harus menyalakan VPN terlebih dahulu agar jaringan mereka tersamarkan dan dianggap bukan berasal dari China.


3. Mempercepat Jaringan
Ketika kita memakai VPN saat internet-an, kita akan dibuatkan Tunnel / terowongan / jalan tikus / jalan pintas agar kita cepat sampai ke pencarian yang kita tuju. Sehingga jaringan kita tidak di intervensi oleh jaringan lain yang ada di publik.


4. Mengubah Alamat IP
Saat menggunakan VPN, pasti kita akan disuguhkan beberapa pilihan negara. Setelah memilih negaranya, maka alamat IP kita akan berubah sesuai dengan IP address negara tersebut. Jadi lokasi IP bisa dengan mudah kita tentukan sendiri.

Kalau kalian bingung mau pakai negara yang mana, pilih saja Best Choice / Terbaik, nanti secara otomatis VPN akan memilihkan negara yang memiliki jaringan tercepat dan stabil.


5. Performa Menjadi Lebih Baik
Dengan menggunakan IP address dari negara lain, maka Bandwidth dan efesiensi jaringan dapat ditekan, sehingga performa menjadi lebih baik.


6. Keamanan
Kita dapat mengakses apa saja di internet dengan user anonymous, pengiriman data di jaringan publik juga di enskripsi, sehingga bisa terhindar dari cyber crime (kejahatan di dunia maya)


7. Melindungi Privasi Online
Ketakutan yang sering terjadi ketika browsing internet pada wifi umum adalah pencurian informasi akun seperti username, email, dan password.

Untuk mencegah tindak kejahatan itu, sebaiknya kita menggunakan wifi pribadi atau jika terpaksa menggunakan wifi umum sebaiknya gunakanlah VPN agar data yang keluar dan masuk akan ter-enskripsi dengan aman.


8. Akses Remote Control
VPN memungkinkan kita untuk mengendalikan komputer kita yang tertinggal di lokasi yang jauh. Sehingga kita bisa mengambil file-file penting yang mungkin sangat dibutuhkan segera.


9. Mempermudah Kerja Karyawan
Perusahaan sering menggunakan VPN agar karyawannya bisa mengakakses file, aplikasi, printer, hardisk dan sumber daya lain yang ada dikantor dengan mudah dan aman melalui jalur khusus di jaringan publik.


10. Efektifitas Biaya
Daripada membayar server komputer yang diletakkan di beberapa negara ditambah biaya sewa dan perawatan, solusi yang lebih murah adalah dengan menggunakan VPN karena cukup membayar biaya bulanan atau tahunan saja.


B. Cara Install VPN di Laptop / PC

1. Buka browser Chrome di laptop / PC
2. Klik tombol tiga titik yang ada di pojok kanan atas, lalu tekan Setting
Cara Install VPN di Laptop / PC Supaya Bisa Buka Link yang di Blokir

3. Akan muncul beberapa menu pengaturan Google Chrome, scroll aja ke bawah. Pada pengaturan Tampilan, klik bagian Tema untuk membuka Chrome Webstore
Cara Install VPN di Laptop / PC Supaya Bisa Buka Link yang di Blokir

4. Klik bagian kolom pencarian, lalu tulis Touch
5. Lalu pada bagian Ekstensi "Touch VPN - VPN dan Proksi Gratis", tekan tombol Tambahkan ke Chrome
Cara Install VPN di Laptop / PC Supaya Bisa Buka Link yang di Blokir

6. Akan tampil Pop up seperti gambar di bawah, sentuh saja tombol tambahkan ekstensi
Cara Install VPN di Laptop / PC Supaya Bisa Buka Link yang di Blokir

7. Setelah itu akan muncul icon baru warna abu-abu. Lalu tekan icon tersebut.
Cara Install VPN di Laptop / PC Supaya Bisa Buka Link yang di Blokir

8. Akan tampil jendela seperti ini, tekan tombol Connect
Cara Install VPN di Laptop / PC Supaya Bisa Buka Link yang di Blokir

9. Aktifkan semua fiturnya dengan cara menekan tombol Enable (warna merah) hingga menjadi tombol Enable (warna hijau)
Cara Install VPN di Laptop / PC Supaya Bisa Buka Link yang di Blokir
Ket: Jendela sebelah kanan adalah tampilan sebelum ditekan, dan jendela sebelah kiri adalah  tampilan sesudah ditekan.

10. Setelah itu kalian sudah bisa browsing sesuka hati dan merasakan manfaat dari menggunakan VPN seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Fungsi Fitur Pada Gambar Langkah ke-9
  1. Ads Blocked: untuk memblokir iklan mengganggu di website
  2. Trackers Blocked: untuk mencegah orang lain mematai dan mengambil data lokasi kita
  3. Cookies Blocked: untuk mencegah orang lain melihat histori penelusran kita di internet
  4. Malware Blocked: untuk mencegah malware/ virus berbahaya menyuspi jaringan kita
  5. WebRTC (Web Real Time Communication): untuk mencegah pencrian data secara real time dalam bentuk audio / video
  6. Bypass Local Network: untuk membuka blokir yang dilakukan oleh negara, pemerintah, atau operator seluler.
Demikian Cara Install VPN di Laptop / PC Supaya Bisa Buka Link yang di Blokir. Semoga tutorial ini bermanfaat buat teman semuanya. Jangan lupa cek artikel bermanfaat lainnya hanya di www.saifullah.id

Buka Komentar