Cara Memperbaiki Memori Rusak Pakai CMD Agar Tidak Kehilangan Data

Cara Memperbaiki Memori Rusak Pakai CMD (Tanpa Format) Agar Tidak Kehilangan Data
Saifullah.id - Kartu memori adalah media penyimpanan tambahan yang sangat penting dimiliki oleh setiap smartphone. Selain kapasitasnya bisa di upgrade menjadi lebih besar, memasang kartu memori di smartphone juga mampu melegakan ruang penyimpanan di memori internal smartphone. Sehingga kinerja gadget kamu jadi lebih stabil dan cepat.


MASALAH KARTU MEMORI

Namun, tidak bisa dipungkiri, masalah pasti bisa saja terjadi, termasuk pada kartu memori ini. Masalah yang sering terjadi adalah kerusakan pada SD Card Memory sehingga isinya tidak terbaca di handphone kita dan ditandai dengan peringatan "Kartu Memori Rusak"

CARA MENGATASI KARTU MEMORI YANG RUSAK

Banyak cara memperbaiki kartu rusak ini, salah satunya dengan cara di FORMAT habis isinya agar semua kembali normal. Tapi cara ini tidak recommended banget karena beresiko kehilangan semua file, data, dokumen, audio, foto, dan video yang ada di dalamnya.
Tidak Recommended = Tidak Disarankan / Tidak Direkomendasikan
Kalau kamu sudah punya backup-an, mungkin Format merupakan cara yang paling cepat untuk dilakukan. Tapi jika data yang ada di memori merupakan satu-satunya yang kamu punya, maka kamu harus menggunakan CMD (Command Prompt)

CARA PERBAIKI MEMORI RUSAK PAKAI CMD

Cara ini bisa digunakan pada Windows 7, 8, 8.1, dan 10. Berikut cara memperbaiki Card Memory yang rusak menggunakan CMD:
  1. Masukkan kartu memori yang rusak ke Laptop / PC (Bisa menggunakan microSD Adapter, Card Reader, atau bisa juga menggunakan Modem)
  2. Klik tombol START
  3. Lalu ketik "cmd" (tanpa tanda kutip) di bar pencarian
  4. Kemudian tekan Enter
  5. Selanjutnya perhatikan letak partisi memori kamu, apakah ada di partisi F: atau partisi G: atau pada partisi lain
  6. Jika memori terletak pada partisi G: maka ketik perintah seperti ini dalam kotak CMD
  7. chkdsk g: /f
  8. Jika memori berada di partisi F:, maka kamu ubah huruf yang saya kasih tanda kuning jadi huruf f
  9. Setelah itu tekan Enter
  10. Tunggu proses sampai selesai
  11. Memori yang rusak akan normal kembali tanpa kehilangan data satupun :)
    Cara Memperbaiki Memori Rusak Pakai CMD (Tanpa Format) Agar Tidak Kehilangan Data
Demikian cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa perlu pakai software tertentu, tapi cukup memanfaatkan jendela Command Prompt (CMD) asli bawaan Laptop / PC. Jika kamu suka dengan tutorial yang ada di Saifullah.id, tinggalkan komentar ya. Supaya saya semakin semangat bikin tutorial bermanfaat lainnya :)
Buka Komentar