Scoring Rubric for Reading Comprehension to Tenth Grade Students of Senior High School

Scoring Rubric for Reading Comprehension to Tenth Grade Students of Senior High School
Saifullah.id - Scoring Rubric adalah elemen yang sangat penting untuk menilai kemampuan siswa baik dalam Membaca, Menulis, Mendengar, dan Berbicara. Sehingga scoring rubric bisa menjadi acuan untuk menganalisa seberapa baik pemahaman siswa tentang materi yang sudah diajarkan.


Setiap tenaga pendidik (guru) seharusnya bisa membuat scoring rubric dengan baik, karena ini berdampak pada nilai akhir tugas siswa.

Kesalahan penilaian yang dilakukan guru tidak hanya berdampak pada mental anak tetapi juga terhadap kekhawatiran orang tua kepada anaknya.

Saya pernah mendapati suatu kasus di forum Orang Tua dan Anak, dimana beberapa orang tua ngeluh terhadap anaknya yang mendapat nilai nol untuk soal Essay. Mereka juga menunjukkan foto hasil koreksian tugas anaknya.

Mereka hanya bertanya solusi mengatasi agar anaknya tidak dapat nilai sejelek itu, tapi saya yang melihatnya cukup kaget, karena hasil koreksiannya tidak seharusnya dapat nol menurut sudut pandang saya.

Soal yang diberikan guru itu berbentuk latihan menulis untuk anak TK, ada 5 soal tapi masing-masing soal dianggap 1 poin jika benar. Parahnya lagi dalam 1 soal kan ada beberapa kalimat, ketika anak tersebut salah menulis satu huruf saja, maka 1 soal itu dianggap salah total.

Lalu di sisi lain saya melihat si anak ini memang cendrung menulis huruf "a" hampir sama dengan huruf "u". Meskipun begitu, kalau kita lihat secara keseluruhan sebenarnya ada perbedaannya. Jadi, bisa dibilang anak ini tahu kalau "a" dan "u" itu berbeda, hanya saja butuh latihan untuk menulisnya dengan sempurna.


Jadi, kalau saya di suruh menilai hasil kerja si anak seharusnya dia bisa dapat nilai 6 atau 7. Saya geleng-geleng kepala karena kasian sama anak tersebut dan orang tuanya.

Bayangkan, anak dalam tahap belajar awal yang seharusnya waktunya lebih banyak bernyanyi, menggambar, bermain atau bersosialisasi sama teman, lalu di kasih soal yang penilainnya tidak sesuai dengan usianya, ditambah angka NOL besar dibukunya, bagaimana dengan mentalnya?

Yang saya takutkan anak ini jadi berpikir bahwa belajar itu sulit, bukan menyenangkan. Bukankah seharusnya salah satu tugas seorang guru juga menjadi motivator dan pendidik yang baik buat siwa-siswinya agar giat belajar sampai berpendidikan tinggi?

Maka dari itu, saya di sini mau memberikan contoh Scoring Rubric yang mungkin bisa menjadi gambaran kepada kita semua bahwa dalam menilai latihan siswa tidak boleh sembarangan. Ada aspek-aspek yang harus kita perhatikan agar hasil penilaian tersebut adil dan sesuai standar.


Scoring Rubric ini saya buat untuk siswa kelas 10 SMA, tapi  menurut saya ini juga bisa berlaku untuk semua tingkat sekolah terutama untuk Guru Bahasa Inggris yang mengajar teks bacaan. Video di atas saya jelaskan dalam bahasa Inggris. Jika tidak begitu jelas, kalian bisa melihat dan mendownload filenya langsung menggunakan tombol di bawah, ada 1 tabel tambahan di dalamnya. Semoga bermanfaat.

DOWNLOAD SCORING RUBRIC

CARA DOWNLOAD
  1. Tekan tombol download yang ada di atas
  2. Tekan tombol "Klik 2x untuk menuju link"
  3. Tunggu kurang lebih 10 detik
  4. Tekan tombol "Menuju Link"
  5. Maka dokumen Rubric akan terbuka dan bisa di baca
  6. Jika ingin di simpan, klik tombol Panah ke bawah.

Buka Komentar