5 Tips Dalam Mencapai Tujuan Berinvestasi

5 Tips Dalam Mencapai Tujuan Berinvestasi
Saifullah.id
- Mendengar cerita investor sukses di majalah ternama dan channel Youtube, mungkin membuat kita bertanya-tanya, bagaimana orang-orang ini bisa berhasil mencapai tujuannya dalam mengelola investasi.


Ingin rasanya mengikuti jejak mereka agar mendapatkan apa yang menjadi tujuan kita dalam berinvestasi, entah itu kebebasan finansial, menyiapkan dana pensiun, persiapan biaya nikah dan pendidikan anak-anak, atau untuk pergi haji dan umrah.

Oleh sebab itu, ada 5 tips super jitu untuk kalian dalam mencapai Investment Goals (Tujuan-tujuan investasi) yang kalian inginkan secepatnya.

1. Miliki Tujuan Investasi Jangka Panjang

Hal pertama yang harus kamu miliki ketika berinvestasi ialah Tujuan Investasi Jangka Panajng. Tujuan ini berfungsi sebagai radar yang bisa  mendeteksi apakah kamu masih di jalur yang benar atau malah keluar dari jalur yang seharusnya.

Formula sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan rumus Future Value, yaitu

FV = PV x (1 + i)n
FV = Future Value (Tujuan Dana Investasi Jangka Panjang)
PV = Present Value (Dana Yang Dimiliki Saat Ini)
i = Suku Bunga
n = Jangka Waktu

Misalnya kamu memiliki tujuan memiliki dana investasi Rp 100 juta dalam waktu 10 tahun dan return 20 % per tahun, maka dana yang perlu kamu siapkan saat ini adalah:

Rp 100 juta = PV x (1 + 20%)10 
Rp 100 juta = PV x 1.2010 
Rp 100 juta = PV x 6.19
PV = Rp 100 juta / 6.19
PV = Rp 16.2 juta

Maka, dana yang perlu kamu siapkan saat ini adalah Rp 16.2 juta 

2. Prioritaskan Dana Untuk Investasi

Hal selanutnya yang perlu kamu lakukan adalah memiliki mindset (pola pikir) bahwa dana investasi adalah prioritas.

Dengan memiliki mindset tersebut, kamu akan terlatih dalam mengelola keuangan kamu untuk memprioritaskan dana untuk investasi terlebih dahulu dan disiplin menambah jumlah investasi.

3. Evaluasi Kondisi Keuangan

Cobalah kembali evaluasi keuangan kamu selama akhir tahun, apakah sesuai dengan tujuan yang kamu tulis, agar kamu bisa tahu apa yang harus dilakukan untuk mencapai investment goals kamu nantinya.

4. Disiplin Menambah Dana Investasi

Setelah membuat investment goals dan mengevaluasi kondisi keuangan, maka kita harus berkomitmen menambah dana investasi dari waktu ke waktu. Sehingga tujuan kita akan lebih cepat tercapai.

5. Menjaga Gaya Hidup dan Jangan Gengsi

Gaya hidup ini serang kali jadi boomerang dalam hidup kita. Ingin terlihat kaya tapi berprilaku konsumtif pada barang-barang yang tidak dibutuhkan hanya untuk mendapatkan pengakuan dari orang yang tidak dikenal. 

Oleh sebab itu, ketika penghasilan kita 2 juta dan cukup untuk biaya hidup sehari-hari bahkan misalnya bisa investasi 500 ribu/ bulan, jangan sampai ketika gaji kita naik jadi 5 juta malah investasinya tetap 500 ribu dan 4,5 juta dihamburkan ke hal yang kurang bermanfaat.

Ingat, sering kali manusia itu membeli sesuatu karena dorongan nafsu saja atau hanya karena ikut-ikutan orang disekitarnya. 

Demikian, 5 tips dalam mencapai investment goals untuk para investor yang serius dalam berinvestasi jangka panjang. Semoga bermanfaat.
Buka Komentar