Apa itu Juneteenth? Mengapa disebut Juneteenth? Bagaimana Fakta Sejarah Perayaannya?

Apa itu Juneteenth? Mengapa disebut Juneteenth? Bagaimana Fakta Sejarah Perayaannya?
Apa itu Juneteenth?

Juneteenth atau juga dikenal sebagai Juneteenth Independence Day atau Freedom Day, merupakan perayaan tertua untuk memperingati berakhirnya perbudakan di Amerika Serikat, dan perayaan hari raya bersejarah diseluruh AS dan sekitarnya.


Kapan perayaan Juneteenth?

Juneteenth dirayakan setiap tanggal 19 Juni. Maksud dari perayaan ini adalah untuk menghormati salah satu tindakan terakhir emansipasi budak di Amerika Serikat. Perayaan tahun 2020 memiliki arti khusus karena sedang dilakukan upaya untuk menjadikan tanggal 19 Juni sebagai hari libur federal.

Bagaimana Sejarah Juneteenth?

Pada tanggal 19 Juni 1865, puluhan ribu orang Afrika-Amerika di Texas dibebaskan, sehingga dianggap menutup pintu salah satu bab terakhir perbudakan di Amerika Serikat.

Pada tanggal tersebut tentara Union yang dipimpin oleh Mayor Jenderal Gordon Granger mendarat di kota dengan membawa berita bahwa Perang Saudara telah berakhir dan budak yang ada sekarang bebas. 

Pada saat itu, Granger membacakan Perintah Umum Nomor 3 yang berbunyi: "Orang-orang Texas diberi tahu bahwa sesuai dengan Proklamasi dari Eksekutif Amerika Serikat, semua budak bebas. Ini melibatkan persamaan hak dan hak milik mutlak antara mantan tuan dan budak, dan hubungan yang sampai sekarang ada di antara mereka menjadi antara majikan dan pekerja bebas. "

Pengumuman itu datang dua setengah tahun setelah Proklamasi Emansipasi Presiden Lincoln tanggal 1 Januari 1863 yang membebaskan budak di negara-negara Konfederasi.

Namun, sejak proklamasi itu dibuat selama Perang Sipil, hal itu diabaikan oleh negara-negara Konfederasi, dan baru pada akhir perang, Perintah Eksekutif diberlakukan di Selatan.

Mengapa disebut Juneteenth?

Nama hari itu adalah kombinasi dari nama bulan, yaitu "Juni" dan tanggal "kesembilan belas" untuk menghormati tanggal pengumuman Granger dan pertama kali muncul sekitar tahun 1903. 

Ini juga dikenal sebagai Hari Kebebasan Amerika Afrika atau Hari Emansipasi.

Juneteenth diakui sebagai hari libur negara atau hari peringatan khusus di 45 negara bagian. Saat ini ada dorongan untuk menjadikan hari itu sebagai hari libur federal.

Bagaimana merayakan Juneteenth?

Juneteenth biasanya merupakan hari yang tepat untuk reuni dan kumpul bersama keluarga. Seperti perayaan yang lain, perayaan Juneteenth juga dilengkapi dengan acara makan-makan.

Seringkali kita akan menemukan Barbekqu, minuman tradisional berupa Strawberry Soda, dan makanan penutup dengan Strawberry Pie.

Jadi kebanyakan pada perayaan ini makannya berwarna merah, seperti nasi merah (nasi dengan tomat), semangka, dan kue red velvet juga terkenal di perayaan Juneteenth.

Mengapa makanan khusus perayaan Juneteenth dominan merah?

Jadi, makanan berwarna merah ini merupakan simbol untuk memperingati darah yang tumpah selama hari-hari perbudakan.

Biasanya gereja-gereja juga bergabung dalam perayaan Juneteenth dengan acara piknik dan kebaktian khusus. Banyak di antaranya menampilkan musik dan himne tradisional Afrika Amerika.
Buka Komentar