Semua Layanan Google Error? Google Down Massal! Produk Google Tidak Bisa Diakses

Semua Produk Google Error Dibeberapa Negara. Server Down?
Saifulah.id
 - Setelah sebelumnya ada pemberitaan situs Tribunnews di hack oleh Astarganz, hari ini tepatnya tanggal 14 Desember 2020 sekitar jam 7 malam malah terjadi error hampir disemua produk Google, seperti pada Blogger, Youtube, Gmail, Playstore, Maps, Google Drive, Google Docs, Adwords, Adsense, Google Pay, Google Home, Nest, dan Google Chromecast semuanya mengalami gangguan.


Error ini sempat membuat kaget semua pengguna Google karena menampilkan pesan error di semua layanannya.

Beberapa orang menduga bahwa masalah ini berasal dari Akun Google mereka, tapi meskipun kita mencoba masuk ke layanan incognito Google, tapi tetap saja layanan ini tidak berfungsi.

Saya sendiri ikutan kaget dan panik karena tengah asyik menulis artikel di blog tiba-tiba muncul pesan error.

Awalnya saya mengira di banned oleh Google karena akun Adsense saya ikutan kosong. Saya sangat khawatir karena penghasilan Google belum cair di bulan ini.

blogger error

Lalu saya mencoba mencari tahu dengan bertanya ke Group Facebook Blogger Indonesia. Akhirnya saya mendapat jawaban bahwa blogger memang sedang Down.

Penelusuran saya tidak terhenti sampai disitu saja, saya sempat stalking akun twitter milik Google, di sana saya menemukan postingan dari TechCrunch.


TechCrunch mengabarkan bahwa semua layanan Google sedang down di beberapa negara.

Setelah itu saya coba buat snap Whatsapp memberitahukan berita ini di story WA. Selang beberapa detik langsung mendapat respon dari beberapa teman yang ikut melaporkan bahwa Youtube, Maps juga ikut terdampak.

Sebagian orang penasaran apakah ini berdampak pada Ojol seperti Gojek dan Grab yang notabennya menggunakan Maps untuk menunjang pekerjaan mereka sebagai ojek online?

Sampai sekarang masih belum tahu pasti mengapa layanan Google down. Ini adalah kali pertama search engine besar ini mengalami kegagalan sistem. Tapi untungnya setelah beberapa menit kemudian server Google ini kembali normal khusus untuk di Indonesia.

"Di negara lain ada yang memakan waktu sekitar satu jam untuk kembali pulih. Bahkan meskipun sudah bisa dibuka, bilah alamat di Gmail belum kembali normal" ungkap @ingridlunden

Kita tidak bisa membayangkan sektor apa saja yang terganggu akibat error ini, sebab hampir di semua lini kehidupan bergantung banyak pada Google. Bahkan hampir semua aktivitas dan lalu lintas arus internet berasal dari Google.

Semoga kejadian ini tidak terulang kembali. Saran saya jangan lupa backup file kalian untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan kedepannya. Serem juga kalau Google sampai kenapa-kenapa 😅

Ngomong-ngomong, saat blogspot gangguan, Wordpress masih adem ayem nih, apa kita pindah ke sana aja, gimana pendapat kalian? 😁
Buka Komentar