Waspada Lowongan Kerja Penipuan Disosmed! Jangan Sampai Terjebak

Waspada Lowongan Kerja Penipuan Disosmed! Jangan Sampai Terjebak
Saifullah.id
- Bagi anda yang ingin mencari pekerjaan secara online maupun offline, baik dari sosmed atau dari koran, harap berhati-hati terhadap lowongan kerja (loker) palsu yang dibuat oleh penipu.

Telah banyak kasus penipuan melalui postingan lowongan kerja melalui Facebook yang ujung-ujungnya meminta uang dengan alasan sebagai biaya administrasi. Mulai dari minta uang sepuluh ribu rupiah sampai jutaan rupiah.

Oleh sebab itu, berikut kami rangkum beberapa ciri lowongan kerja penipuan agar kita lebih waspada dan berhati-hati sebelum menyesal dikemudian hari.

Ciri-Ciri Lowongan Kerja Penipu

Berikut ciri-ciri yang patut diwaspadai sebagai loker penipu:
  1. Mengatasnamakan perusahaan Perseroan Terbatas (PT), tetapi nama PT dan alamat PT tidak terdata di Google Maps. Bayangkan, bisnis kecil saja terdaftar di Google Maps, masa sebuah perusahaan tidak terdaftar.

  2. Menawarkan gaji besar dan fasilitas menggiurkan, serta persyaratan mudah dari ijazah tingkat SD dan usia 40 tahun pun diterima.

  3. Respon chat Whatsapp cepat dan memberitahu rute alamat lengkap dan detail.

  4. Menggunakan alamat email publik/gratisan (seperti @gmail atau @yahoo) atau sms (termasuk sejenis telegram atau whatsapp) sebagai media komunikasi mengajukan lamaran.

  5. Komplotan penipu jika posting loker di Facebook sering kali mematikan fitur kolom komentar, ada juga yang mengaktifkan kolom komentar tapi jarang.


Tempat Penipu Sebar Loker

Ada beberapa tempat posting lowongan kerja yang ikut disusupi lowongan kerja palsu. Bukan berarti tempat ini tidak kredibel  ya, melainkan penipu ini berpura-pura berasal dari sebuah PT.
  1. Komplotan penipu juga ada yang punya grup lowongan kerja dan halaman loker di Facebook.

  2. Selain posting loker di Facebook, komplotan penipu juga posting loker di OLX, Indeed, Jooble dan situs internet lain.

  3. Komplotan penipu juga posting loker di media cetak (koran), menyebarkan dan menempelkan pamflet/brosur.


Tips Terhindar Dari Loker Penipu

Ada beberapa tips yang bisa kita jadikan acuan agar terhindar dari lowongan pekerjaan palsu atau penipuan, yaitu:
  1. Carilah nama PT yang ada di dalam lowongan kerja melalui Google Maps. Pastikan nama dan alamatnya sesuai.

  2. Lowongan kerja yang asli biasanya tidak memungut biaya apapun saat pendaftaran/melamar, jadi kalau anda diminta transfer atau membayar biaya tertentu, mohon untuk dipikirkan secara matang. Bisa jadi anda sedang ditipu.

  3. Pastikan PT tersebut memiliki email domain atau website. Misal nama PT nya adalah Indofood, maka email resminya biasanya [email protected] bukan pakai @gmail atau @yahoo

Demikian tips terhindar dari lowongan kerja penipuan yang mengatas namakan Perseroan Terbatas (PT), semoga bermanfaat dan keluarga terhindar dari kerugian yang ditimbulkan oleh pihak yang tidak bertangggung jawab.
Buka Komentar