Cas / Charger / Adapter Yang Cocok Untuk Modem WiFi

Cas / Charger / Adapter Yang Cocok Untuk Modem WiFi
Saifullah.id - Modem WiFi merupakan perangkat elektronik yang membutuhkan arus listrik sebesar 1 Ampere (1A). Pernyataan ini biasanya kita temukan di dalam spesifikasi produk penjualan dan di buku panduan Modem WiFi.


Ketika Modem WiFi diberi arus yang lebih kecil ataupun lebih besar dari yang seharusnya, maka modem akan mengalami beberapa masalah.

Jika arus yang diterima terlalu kecil, biasanya modem tidak bisa menyala atau bisa menyala tapi tidak bisa dihubungkan ke perangkat lain melalui jaringan WiFi.

Sedangkan jika arus yang diterima terlalu besar, maka akan terjadi panas yang tidak wajar pada body modem dan bisa berpotensi menyebabkan modem rusak atau bahkan meledak.

Perlu diketahui bahwa, Modem WiFi bisa menyala dengan baik jika di colokkan pada alat berikut ini:

  1. Powerbank
    Semua powerbank mendukung Modem WiFi
  2. USB pada Laptop / PC
    Semua Laptop / PC mendukung Modem WiFi
  3. Kabel OTG pada Smartphone
    Hanya Smartphone yang memiliki fitur OTG yang bisa dijadikan sumber daya Modem WiFi
  4. Cas / Charger / Adapter HP
    Hanya Cas / Charger dengan arus tertentu yang bisa digunakan pada Modem WiFi
Dari keempat alat di atas, Cas HP atau Charger yang biasa dipakai untuk menyalakan Modem WiFi, karena lebih simpel dan bisa dipakai setiap hari selama 24 jam tanpa henti.

Namun, tidak semua Charger Handphone sesuai dengan Modem WiFi, sebab setiap charger memiliki besar arus yang berbeda-beda tergantung merek dan jenis Smartphone nya.

Hal ini sudah saya jelaskan di video saya sebelumnya di channel Youtube SaifullahTV. Di sana saya menjelaskan tentang arus yang dibutuhkan Modem dan pengalaman saya mencari Adapter yang cocok untuk modem.


Dari video di atas, dapat kita simpulkan bahwa, Cas dengan 1 Ampere saat ini sangat susah dicari. Biasanya 1 Ampere itu dipakai oleh HP jaman dulu seperti HP Nokia ataupun HP Cina jadul.

Sekarang, HP atau Smartphone keluaran terbaru rata-rata menggunakan Cas 2 Ampere bahkan 5 Ampere.

Tapi, ternyata hal ini bisa diatasi dengan melihat fitur kepala Charger sebelum membelinya. Kita harus mencari Cas / Charger / Adapter yang memiliki fitur Adaptive Fast Charging.

Cas / Charger / Adapter Yang Cocok Untuk Modem WiFi

Adaptive Fast Charging adalah fitur yang disematkan pada beberapa jenis kepala Charger yang berfungsi untuk menyesuaikan arus yang keluar sesuai dengan kebutuhan perangkat yang dihubungkan padanya.

Artinya, meskipun di kepala Charger bertuliskan 3 Ampere. Maka Charger ini tetap bisa dipakai untuk menyalakan modem dengan aman selama ada tulisan Adaptive Fast Charging.

Jadi, fitur Adaptive ini akan secara otomatis beradaptasi dengan perangkat yang terhubung padanya. Misal charger 2 Ampere dihubungkan ke Modem yang cuma butuh 1 Ampere. Maka Charger tersebut akan menurunkan arusnya sendiri agar menjadi 1 Ampere. Sehingga, modem tidak kepanasan akibat kelebihan arus.

Masih bingung juga? ini saya kasih contoh kepala Charger yang saya pakai saat ini. Merek Oppo dengan fitur Adaptive Fast Charging 3 Ampere (max).

Cas / Charger / Adapter Yang Cocok Untuk Modem WiFi

Demikian spesifikasi Cas / Charger / Adapter Yang Cocok Untuk Modem WiFi. Semoga bermanfaat.
Buka Komentar