Pertanyaan Netizen Tentang Kuota. Gaptek atau Gak Punya Otak?

Pertanyaan Netizen Tentang Kuota. Gaptek atau Gak Punya Otak?
Saifullah.id
- Setelah saya upload video tentang Modem Wifi, banyak komentar masuk di Youtube dan ada juga yang DM melalui Instagram menanyakan hal-hal aneh dan konyol.


Dari sekian banyak pertanyaan yang masuk, ada satu pertanyaan yang sering ditanyakan yang menurut saya pertanyaan ini sangatlah tidak pantas ditanyakan.

Mengapa? Karena pertanyaan ini seharusnya yang tahu jawabannya adalah diri mereka sendiri, bukan orang lain.

Selain itu, pertanyaan ini sebenarnya menyangkut logika berpikir. Ibarat kata hal sepele saja ditanyakan, artinya sama kayak otaknya hanya difungsikan untuk bertanya, bukan berpikir. Mubazir Tuhan ngasih otak tapi tidak dipakai.

PERTANYAAN TENTANG KUOTA INTERNET

Kuota atau Paket Data Internet saat ini sangat berkaitan erat dengan kehidupan kita sehari-hari. Tapi masih saja banyak yang bertanya kayak gini:

Bang, 10GB cukup gak ya untuk 1 bulan dipakai oleh 1 orang?

Bang, modem itu harus diisi berapa GB untuk pemakaian 1 bulan?

Bang, paket perbulan berapa ribu?

Bang, 75GB kalau dipakai berdua awet gak ya untuk 1 bulan?

Geram juga dengar pertanyaan kayak gini, seharusnya mereka bisa mengukur sendiri pemakaian mereka setiap bulannya. Kan setiap bulan mereka pasti ngisi paket data.

Pemakaian internet setiap orang itu PASTI berbeda-beda. Contoh: Saya setiap hari suka nonton film, nonton Youtube, Download aplikasi, Upload software, dan Live streaming pasti satu hari itu bisa habis 2GB lebih, sebulannya bisa habis 60GB lebih.

Karena saya sadar pemakaian saya besar, maka saya memutuskan untuk membeli paket data Unlimited.

Akan berbeda dengan orang lain yang kerjaannya cuma buka Facebook, Whatsapp, dan aplikasi chatting lainnya. Paling 1 hari cuma habis kurang dari 100MB, sehingga kalau sebulan paling hanya butuh 3GB.

Dengan kata lain, pemakaian paket data tergantung prilaku kita saat online. Semakin banyak kegiatan kita di dunia online maka semakin besar data yang akan dihabiskan.

LOGIKANYA

Seandainya uang Rp 100.000 diberikan kepada Mia dan Gatot. Mia adalah anak yang suka jajan, sedangkan Gatot lebih suka menabung. Mana yang lebih cepat menghabiskan uang?

Jawabannya pasti Mia kan? Karena dia suka jajan. Sama halnya jika kita tanyakan tentang pemakaian data Internet. Dia suka Download, Upload, dan Nonton online gak? Kalau iya, kemungkinan besar paket yang dibutuhkan juga banyak.

CARA MENGUKUR PAKET BULANAN

Cara mudah menentukan berapa GB jumlah paket yang kita butuhkan setiap bulan sangat gambang, tinggal isi paket internet 1GB, jika belum nyampai sebulan sudah habis, maka isi lagi sampai paket bertahan diakhir bulan. Jumlahkan pemakaian datanya.

Misal dalam 1 bulan kalian isi kuota 1GB sebanyak 5 kali, berarti setiap bulannya kalian butuh 5GB. Sehingga bulan berikutnya langsung isi 5GB sekaligus.

Namun, jika kalian pakai kartu Indosat, kalian bisa melihat Riwayat Pemakaian 3 bulan terakhir. Ambil grafik paling tinggi, maka itulah kuota bulanan yang harus kalian isi.

CARA CEK GRAFIK PEMAKAIAN KUOTA INDOSAT

  1. Kunjungi bit.ly/m3cpx
  2. Masukkan nomor HP
  3. Lalu masukkan kode Verifikasi yang dikirim lewat SMS
  4. Tekan Akun
  5. Lalu tekan Riwayat Pemakaian
  6. Kemudian tekan DATA
    Pertanyaan Netizen Tentang Kuota. Gaptek atau Gak Punya Otak?
    Grafik pemakaian kuota HP Ayah

  7. Dari contoh grafik di atas, dapat di simpulkan bahwa Ayah saya butuh kuota kurang lebih 8GB sampai 9GB setiap bulannya.

KESIMPULAN

Jumlah kuota yang dibutuhkan masing-masing orang berbeda. Yang bisa mengukur kebutuhan tersebut adalah diri kita sendiri.

Menanyakan pemakaian kuota kita pribadi ke orang lain adalah bentuk kebodohan yang hakiki. Orang lain tidak bisa melihat perilakumu sehari-hari. Yang tahu tentang dirimu secara jelas ya dirimu sendiri. Jika ingin tanya daftar harga kuota baru bisa tanya orang lain, atau tekan 👉 di sini

Mau donasi lewat mana?

BRI - Saifullah (05680-10003-81533)

JAGO - Saifullah (1060-2675-3868)

BSI - Saifullah (0721-5491-550)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan donasi. Klik tombol merah.