Cara Memperbaiki Thumbnail Related Post Median UI Yang Buram atau Blur

Cara Memperbaiki Thumbnail Related Post Median UI Yang Buram atau Blur
Saifulah.id
 - Masalah yang sering dialami oleh pengguna template Median UI salah satunya adalah pada gambar thumbnail widget Related Post.


Related post atau widget artikel terkait pada Median UI terkadang menjadi terpotong atau gambarnya buram, padahal saat upload gambar kualitasnya tidak seburuk itu.

Lalu mengapa hal ini terjadi dan bagaimana solusi mengatasi permasalahan ini?

Sebetulnya, masalah ini cukup simpel tapi jarang disadari oleh pengguna Median UI, dimana saat upload gambar, mereka tidak mengatur ukuran pada gambar tersebut dengan benar.

Begini cara upload dan atur ukuran gambar postingan yang benar.

Tahap Persiapan

Cara Memperbaiki Thumbnail Related Post Median UI Yang Buram atau Blur
  1. Jangan lupa berdoa sebelum melakukan aktivitas apapun agar lebih berkah.
  2. Siapkan gambar yang ingin di upload terserah mau pakai ekstensi apa, boleh .jpg, .png, tapi alangkah lebih baik pakai ekstensi .webp karena biasanya ukurannya lebih kecil tapi kualitasnya tetap terjaga.
  3. Pastikan gambar yang ingin di upload memiliki ratio panjang dan lebar 16:9 (golden ratio) karena ukuran ini merupakan ukuran standar untuk sebuah thumbnail hampir diseluruh sosial media.

Tahap Upload

Cara Memperbaiki Thumbnail Related Post Median UI Yang Buram atau Blur
  1. Buat Postingan Baru
  2. Tekan icon gambar
  3. Pilih Upload dari komputer
  4. Tekan Pilih file
  5. Pilih file foto yang sudah kita siapkan tadi
  6. Lalu tekan Pilih maka foto akan masuk di dalam postingan
  7. Selanjutnya tekan icon Gear
  8. Lalu isi Teks Alternatif dan Teks Judul agar gambar jadi SEO friendly
  9. Penting! ubah ukuran menjadi Ukuran Asli karena kalau bukan pakai ukuran ini, maka thumbnail related post akan menjadi blur.
  10. Terakhir tekan PERBARUI

Catatan

  • Gambar dengan Ukuran Asli hanya perlu diterapkan pada pengaturan gambar pertama (firts image), sementara gambar yang lain bebas pakai ukuran apa saja boleh.
  • Sedangkan mengisi Teks Alternatif dan Teks Judul sebaiknya diterapkan pada semua gambar dalam postingan, karena hal ini akan membuat gambar mudah dikenali oleh Googlebot dan berpotensi membuat gambar muncul di Mesin Pencarian Gambar Google.

Kesimpulan

Jadi, masalah gambar buram dan terpotong pada widget related post disebabkan oleh pengaturan gambar pertama yang tidak menggunakan ukuran asli.

Selain itu, tadi saya juga memberikan tips tambahan agar gambar yang di upload jadi lebih SEO friendly. Semoga tutorial cara memperbaiki Thumbnail Related Post ini bermanfaat.

Jangan lupa baca artikel menarik lainnya di kolom artikel terkait yang ada di bawah ini dan bantu kami dengan memberikan Bintang 5 pada kolom donasi. Terima kasih.

Mau donasi lewat mana?

BRI - Saifullah (05680-10003-81533)

JAGO - Saifullah (1060-2675-3868)

BSI - Saifullah (0721-5491-550)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan donasi. Klik tombol merah.