Penjelasan Materi Bahasa Inggris Kelas 11 Chapter 5 Tentang Personal Letter

Penjelasan Materi Bahasa Inggris Kelas 11 Chapter 5 Tentang Personal Letter
Saifulah.id
 - Berdasarkan gambar di atas, dapat disimpulkan bahwa Letter (surat) ada 2 jenis, yaitu Formal Letter (surat resmi) dan Informal Letter (surat tidak resmi) atau yang biasa dikenal sebagai Personal Letter (surat pribadi).


Lalu yang menjadi fokus pembahasan kita pada Chapter 5 Halaman 63 Kelas XI (sebelas) SMA/ SMK/ MA/ MAK adalah tentang Personal Letter atau dalam bahasa Indonesianya di sebut surat pribadi/perorangan.

Apa itu Personal Letters?

Personal Latters. Social Function. Personal letters are letters that are written to people we know such as friends, parents, siblings, and cousins. Letters are not only written to inform I iut to strengthen the bond between two people writing to each other
Berdasarkan penjelasan gambar di atas, Personal Letter memiliki fungsi soasial, dimana Personal Letters dapat diartikan sebagai surat yang ditulis untuk orang yang kita kenal seperti teman, orang tua, saudara, dan sepupu. Tujuan surat ditulis tidak hanya untuk memberi tahu sesuatu, tapi juga untuk memperkuat ikatan antara dua orang yang saling menulis.

Bagaimana Fitur Kebahasaan Personal Letter?

- Accuracy of grammar is important. - Complete sentences are expected. - Slang can be used. - Use the contractions such as "I'll," I'm","we'll". - Use personal pronouns such as"I","we","you” - Use active voice.  Style - Language use maybe personal like first and second person pronouns. - Be warm. - Use the person' s name you are writing to. - Vary sentence length. - Write in a natural, conversational style. - Let your personality shine through in your writing.  Bly, 2004  Table S.1 Linguistic Features of personal letter

Jadi, fitur kebahasaan (Linguistic Features) sebuah Personal Letter bisa dilihat dari Struktur Kaliman dan Gaya bahasanya.

A. Struktur Kalimat (Sentence Structure)

  • Akurasi tata bahasa itu penting.
  • Kalimat lengkap diharapkan.
  • Bahasa gaul bisa digunakan.
  • Gunakan kontraksi (singkatan) seperti "Aku akan," Aku", "Kita akan". = Dalam bahasa inggris kita mengenal singkatan, misal kata I am bisa di singkat jadi I'm, jadi khusus penulisan pada surat pribadi, hal ini diperbolehkan.
  • Gunakan kata ganti orang seperti "Saya", "Kami", "Kamu"
  • Gunakan Active Voice (kalimat langsung) = Di bahasa Inggris kita mengenal Active Voice dan Passive Voice (kalimat tak langsung), jadi dalam surat pribadi kita menggunakan Active Voice.

B. Gaya (Style)

  • Penggunaan bahasa mungkin personal seperti kata ganti orang pertama dan kedua.
  • Menghangatlah = Bisa basa basi dan terlihat akrab
  • Gunakan nama orang yang Anda tuju
  • Variasikan panjang kalimat.
  • Tulis dengan gaya percakapan yang alami = Tidak perlu yang serius seperti mengirim surat ke pejabat
  • Biarkan kepribadian Anda bersinar dalam tulisan Anda.
Selain pembahasan materi di atas, kalian juga bisa menemukan pembahasan materi dan soal bahasa inggris lainnya dengan menekan tombol di bawah

Mau donasi lewat mana?

BRI - Saifullah (05680-10003-81533)

JAGO - Saifullah (1060-2675-3868)

BSI - Saifullah (0721-5491-550)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan donasi. Klik tombol merah.