Google Luncurkan PageSpeed Insights Versi Baru

Google Luncurkan PageSpeed Insights Versi Baru
Saifulah.id - Google meluncurkan versi baru PageSpeed Insights yang bertujuan untuk mengatasi banyak tantangan dari versi yang ada. Salah satu masalah terbesar dengan PageSpeed Insights adalah bagaimana data disajikan. Tidak ada pemisahan yang jelas antara data laboratorium dan data lapangan.


Orang-orang yang baru mengenal PageSpeed Insights mungkin tidak memahami konteks data yang mereka lihat, yang membuatnya sulit untuk mengetahui apa yang harus dilakukan dengannya.

Banyak postingan blog yang berjudul "bagaimana..." telah ditulis tentang masalah menafsirkan laporan PageSpeed Insights, terutama disebabkan oleh kebingungan yang diciptakan oleh desainnya.

Versi PageSpeed Insights yang ada di web saat ini menggunakan kode berusia 10 tahun, dan Google mengatakan sudah waktunya untuk mendesain ulang.

Dengan pembaruan yang diluncurkan akhir tahun ini, Google berharap untuk membuat interpretasi laporan lebih mudah bagi pengembang sehingga mereka dapat dengan cepat bertindak berdasarkan wawasan yang termasuk di dalamnya.

Tujuan utama Google dengan perombakan PageSpeed Insights yang akan datang meliputi:
  • Buat UI lebih intuitif dengan membedakan antara data lab dan data lapangan.
  • Komunikasikan bagaimana penilaian Core Web Vitals dihitung di UI.
  • Modernisasi tampilan dan nuansa UI dengan memanfaatkan desain material.

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang apa yang telah direncanakan Google untuk versi baru dari salah satu alat tertuanya.

Google Luncurkan PageSpeed Insights Versi Baru

Pembaruan Yang Akan Datang ke Google PageSpeed Insights

Berikut adalah pembaruan yang akan Google luncurkan pada PageSpeed Insights akhir tahun ini:
  • Pemisahan data lapangan dan laboratorium: Label yang ada untuk "Data Lapangan" dan "Data Lab" diganti dengan teks yang menunjukkan apa arti data dan bagaimana hal itu dapat membantu.
  • Penilaian Core Web Vitals: Saat ini, penilaian CWV Google muncul sebagai satu kata "lulus" atau "gagal." Penilaian yang diperbarui akan muncul dalam subbagian terpisah dengan ikonnya sendiri.
  • Label untuk kinerja seluler dan desktop: Google mengubah menu navigasi di bagian atas untuk menyertakan tautan untuk seluler dan desktop di halaman laporan.
  • Ringkasan Asal:Google memindahkan bagian laporan ini ke tab baru, "Asal", di bawah bagian Data Bidang.
  • Memperluas tampilan: Fitur "expand view" baru menambahkan fungsi ke bagian data bidang yang memungkinkan pengguna untuk melihat detail terperinci untuk metrik Core Web Vitals.
  • Gambar halaman: Google menghapus gambar halaman yang dimuat dari lokasi saat ini, yang berada di sebelah data bidang. Gambar dan thumbnail keduanya akan tersedia di bagian data laboratorium.
Google Luncurkan PageSpeed Insights Versi Baru
Terakhir, Google menambahkan bagian di bagian bawah setiap bidang dan kartu lab yang menampilkan rincian berikut tentang data sampel:
  • Periode pengumpulan data
  • Durasi kunjungan
  • Perangkat
  • Koneksi jaringan
  • Ukuran sampel
  • Versi Chrome

Informasi tambahan ini harus membuat perbedaan antara data laboratorium dan lapangan lebih jelas yang akan membantu pengguna yang sebelumnya bingung tentang dua sumber data.

Tidak ada tanggal rilis yang pasti untuk PageSpeed Insights baru, tetapi Google akan berbagi pembaruan lebih lanjut karena semakin dekat dengan waktu peluncuran.

Sekarang saja tampilan dari situs web.dev berubah drastis dan mempengaruhi nilai di website Saifullah.id. Mungkin ini dampak dari perbaikan tampilan data laboratorium dan data lapangan.

Sebelum (versi lama)
Google Luncurkan PageSpeed Insights Versi Baru

Sesudah (versi baru)
Google Luncurkan PageSpeed Insights Versi Baru

Mau donasi lewat mana?

BRI - Saifullah (05680-10003-81533)

JAGO - Saifullah (1060-2675-3868)

BSI - Saifullah (0721-5491-550)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo balas dengan donasi. Tekan tombol merah.