🔔 Aktifkan notifikasi disini Google News

Kunci Jawaban 33. M02.14.U7 - Uji Pemahaman Instrumen EDM untuk TIM

Kunci Jawaban 33. M02.14.U7 - Uji Pemahaman Instrumen EDM untuk TIM
Saifulah.id
 - Semua guru akan mendapatkan soal sama, hanya saja nomor urutnya diacak, dan ada beberapa soal yang berbeda. Jadi baca dulu semua soal di bawah ini, baru kemudian kerjakan soal yang ada di apliaksi atau website.


Intruksi Soal

Silakan membaca pertanyaan/pernyataan dengan teliti sebelum memilih jawaban. 

Soal dan Kunci Jawaban

1. Berikut ini adalah indikator dan bukti fisik pendukung yang disiapkan madrasah. “Siswa hadir di madrasah mengikuti pelajaran baik daring ataupun luring sesuai jadwal yang ditetapkan.” 

 

Bukti fisik yang tersedia:

No.Bukti Fisik
1Rekap google form kehadiran siswa
2Rekapitulasi daftar absensi  guru
3Jurnal harian guru piket
4Surat keterangan ijin siswa yang tidak hadir dari orangtua
5Rekapitulasi daftar kehadiran guru untuk kegiatan pembelajaran

 

Dalam penetapan capaian indikator EDM tersebut, hanya ada 3 bukti fisik yang relevan, yaitu:

A

1-2-3

B

1-3-4

C

2-3-4

D

2-3-5


2. Apabila hasil penilaian EDM menunjukkan bahwa budaya guru dalam pempersiapkan, melaksanakan dan melakukan penilaian pembelajaran masih rendah, maka pada saat menyusun RKAM harus diprioritaskan kegiatan dalam rangka mendukung pemenuhan Standar …
A
Proses dan Pembiayaan
B
Penilaian Pendidikan dan Isi
C
Isi dan Pembiayaan
D
Proses dan Penilaian Pendidikan

3. Kurang dari 70% guru telah menggunakan metode pembelajaran sesuai karakteristik siswa dan materi pembelajaran melalui ceramah, demonstrasi, diskusi, belajar mandiri, simulasi, curah pendapat, studi kasus, seminar, tutorial, deduktif, dan induktif.” Deskripsi ini menunjukkan indikator pencapaian madrasah pada tingkat:
A
1
B
2
C
3
D
4

4. Chart berikut ini menggambarkan capaian EDM Madrasah AL FATAH 

 

Ket: 

A= aspek kedisiplinan warga madrasah 

B= aspek pengembangan diri warga madrasah 

C= aspek perencanaan,pelaksanaan, dan penilaian proses pembelajaran 

D= aspek penyediaan sarana pembelajaran dan penggunaannya 

E= aspek penyusunan perencanaan dan pengelolaan penganggaran yang baik dan transparan 

 

Pilih 3 aspek yang menjadi prioritas utama pada bagan di atas lalu tentukan empat kegiatan yang paling sesuai untuk peningkatan mutu madrasah pada daftar di bawah ini: 

 

1. Pembinaan dan Peningkatan Kualitas Tenaga Kependidikan
2. Pengelolaan KBM
3. Penyelenggaraan Remedial dan Pengayaan
4. Peningkatan transparansi dan akuntabilitas keuangan madrasah
5. Pengelolaan Kurikulum 2013
6. Pendidikan Karakter dan Pengembangan Diri
7. Pemeliharaan Sarana Madrasah
 
A

1-2-3-4

B

2-3-5-6

C

2-3-4-7

D

4-5-7-8


5. Berikut ini deskripsi dari indikator A.5. yang dibuat oleh Madrasah Nur Rahma 

 

Dikarenakan kekhawatiran tidak dapat menjaga protokol kesehatan, perpustakaan sekolah sementara ditutup sehingga tidak ada siswa membaca/meminjam buku yang tersedia di perpustakaan sekolah. Tidak ada bukti fisik yang disiapkan madrasah 

 

Dari uraian deskripsi di atas serta bukti fisik pendukungnya, maka dapat ditarik kesimpulan ketercapaian pada indikator A.5. berada pada tingkat:

A
1
B
2
C
3
D
4

6.

Selama 2 semester terakhir, kepala madrasah atau guru senior yang ditugasi melaksanakan supervisi dan menindaklanjuti hasil supervisi terhadap 80%-<90% guru.” 

 

Deskripsi ini menunjukkan indikator pencapaian madrasah pada tingkat:

A
1
B
2
C
3
D
4

7.

RKAM telah disusun menggunakan e-RKAM dan disahkan oleh kepala madrasah dan dalam penyusunan RKAM melibatkan guru dan tenaga kependidikan tetapi tidak melibatkan komite madrasah. 

 

Deskripsi ini menunjukkan indikator pencapaian madrasah pada tingkat:

A
1
B
2
C
3
D
4

8.

Berikut ini deskripsi dari indikator A.1. yang dibuat oleh Madrasah Nur Rahma 

 

Hasil rekap data yang kami peroleh dari wakil bidang kesiswaan, rata-rata 92% siswa melakukan aktifitas tadarus sebelum KBM berlangsung. Siswa juga kami minta untuk melaporkan aktifitas sholat 5 waktunya dalam jurnal harian.dan berbagai kegiatan pembiasaan sesuai program di madrasah kami. Namun kami masih kesulitan untuk mendata alasan siswa yang tidak ikut program. Disamping itu, kami belum menetapkan pola reward and punishment untuk mereka. 

 

Bukti-bukti fisik: 

• Rekap kehadiran siswa dalam aktifitas sholat berjamaah. 

• Rekap kehadiran siswa dalam kegiatan tadarus bersama. 

 

Dari uraian deskripsi di atas serta bukti fisik pendukungnya, maka dapat ditarik kesimpulan ketercapaian pada indikator A.1. berada pada tingkat:

A
1
B
2
C
3
D
4

9.

Berikut ini adalah indikator dan bukti fisik pendukung yang disiapkan oleh madrasah. Guru melakukan penilaian otentik dalam proses pembelajaran.” 

 

Bukti fisik yang tersedia:

 

No.Bukti Fisik
1Rekap google form berisi nilai siswa
2Daftar guru yang melakukan penilaian otentik dalam proses pembelajaran
3Rekapitulasi nilai PH
4Catatan supervisi kepala madrasah
5Hasil wawancara dengan guru dan siswa

 

Dalam penetapan capaian indikator EDM tersebut, hanya ada 3 bukti fisik yang relevan, yaitu:

A

1-2-5

B

1-3-4

C

2-3-4

D

2-4-5


10.

Berikut ini deskripsi dari indikator A.7. yang dibuat oleh Madrasah Nur Rahma 

 

Madrasah kami melakukan rapat di sekolah dengan tetap menjaga protokol kesehatan sebanyak 3 kali pada tahun ini. Adapun rapat yang telah terselenggara dengan baik adalah rapat orang tua di awal tahun, rapat kegiatan akhir tahun, dan rapat akhir semester. 

 

Bukti fisik yang disiapkan madrasah berupa: 

• Surat undangan rapat 

• Daftar hadir rapat guru, tenaga kependidikan, dan komite madrasah serta orangtua siswa 

• Notulensi rapat pertemuan dengan guru, tenaga kependidikan, dan komite madrasah/perwakilan orangtua 

• Foto-foto kegiatan rapat di madrasah 

 

Dari uraian deskripsi di atas serta bukti fisik pendukungnya, maka dapat ditarik kesimpulan ketercapaian pada indikator A.7. berada pada tingkat:

A
1
B
2
C
3
D
4

11.

Chart berikut ini menggambarkan capaian EDM Madrasah MENTARI

 

Ket:

A= aspek kedisiplinan warga madrasah 

B= aspek pengembangan diri warga madrasah

C= aspek Perencanaan,pelasanaan, dan penilaian proses pembelajaran

D= aspek penyediaan sarana pembelajaran dan  penggunaannya

E= aspek penyusunan perencanaan dan pengelolaan penganggaran yang baik dan transparan

 

Dari 3 aspek yang menjadi prioritas utama pada soal chart di atas  pilihlah empat kegiatan yang paling sesuai  untuk peningkatan mutu madrasah pada daftar di bawah ini:

A

1-2-3-4

B

1-3-4-5

C

2-3-5-6

D

2-4-5-6


12.

Siswa aktif membaca/meminjam buku yang tersedia di perpustakaan, termasuk perpustakaan digital.

 

Pernyataan tersebut merupakan indikator dari aspek...

A
Penyediaan Sarana Pembelajaran dan Penggunaannya
B
Kedisiplinan warga madrasah
C
Penyiapan, Pelaksanaan, dan Penilaian Proses Pembelajaran
D
Penyusunan Perencanaan dan Pengelolaan Anggaran yang Baik dan Transparan

13.

“Dalam 2 semester terakhir, kepala madrasah mengikuti kegiatan sejenis pelatihan/ workshop/pertemuan (termasuk pada kelompok kerja madrasah) dalam rangka peningkatan kompetensi kepala madrasah 2x per tahun.” 

 

Deskripsi ini menunjukkan indikator pencapaian madrasah pada tingkat:

A
1
B
2
C
3
D
4

14.

Berikut ini deskripsi dari indikator A.2. yang dibuat oleh Madrasah Nur Rahma 

 

Pembelajaran di TA 2020-2021 dilaksanakan melalui daring dan luring. Rata-rata dalam 2 semester ini, masih ada 4% guru tidak hadir melaksanakan tugasnya di kelas. Tanpa alasan yang jelas, masih ada guru yang mendadak tidak bisa melaksanakan kegiatan pembelajaran pada jadwal yang telah ditetapkan, sehingga proses pembelajaran tidak dapat dilaksanakan. 

 

Bukti-bukti fisik 

• Rekapitulasi daftar kehadiran guru untuk kegiatan pembelajaran, pembimbingan, dan pelatihan sesuai jadwal dan waktu yang ditetapkan oleh madrasah. 

• Sampel bukti jurnal kelas saat guru tidak hadir tidak ada pengganti 

 

Dari uraian deskripsi di atas serta bukti fisik pendukungnya, maka dapat ditarik kesimpulan ketercapaian pada indikator A.2. berada pada tingkat:

A
1
B
2
C
3
D
4

15.

Pembelajaran pada 2 semester terakhir berlangsung secara daring. Dari rekap kehadiran didapati 97% siswa hadir pada pembelajaran sesuai kalender pendidikan di madrasah. Namun terkadang orang tua tidak menyampaikan alasan yang jelas baik dengan bukti surat keterangan dokter maupun ijin keperluan lainnya ketika anaknya tidak dapat mengikuti pembelajaran. 

 

Bukti-bukti fisik: 

• Rekapitulasi daftar absensi siswa 

• Jurnal harian guru piket 

• Surat keterangan ijin siswa yang tidak hadir ke madrasah atau di kelas 

 

Dari uraian deskripsi di atas serta bukti fisik pendukungnya, maka dapat ditarik kesimpulan ketercapaian pada indikator A.4. berada pada tingkat

A
1
B
2
C
3
D
4

16.

Berikut ini tabel capaian EDM pada Madrasah “MERAH PUTIH” 

 

 

 

Dari lima aspek EDM, aspek yang memerlukan rekomendasi kegiatan untuk ditindaklanjuti pada rencana kerja madrasah adalah pada standar:

A
Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian, dan Standar Sarana dan Prasarana
B
Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian, da Standar Pembiayaan
C
Standar Proses, Standar Penilaian, Standar Sarana dan Prasarana, dan Standar Kompetensi Lulusan
D
Standar Proses, Standar Penilaian, Standar Sarana dan Prasarana, dan Standar Pembiayaan

17.

Berikut ini deskripsi dari indikator A.3. yang dibuat oleh Madrasah Nur Rahma 

 

Semasa pandemik, kepala madrasah atau guru senior yang ditugasi melaksanakan supervisi pola daring. Hasil supervisi ditindaklanjuti dalam bentuk pembinaan terhadap semua guru. Hasilnya disampaikan kepada setiap guru berupa bukti fisik PKG yang juga di tandatangani oleh pengawas. 

 

Bukti-bukti fisik: 

• Laporan hasil supervisi kepala & guru senior terhadap guru 

• Catatan rapat penyampaian hasil supervisi dan hasil tindak lanjut 

• Sampel wawancara TPM dengan guru dan tim supervisi 

 

Dari uraian deskripsi di atas serta bukti fisik pendukungnya, maka dapat ditarik kesimpulan ketercapaian pada indikator A.3. berada pada tingkat:

A
1
B
2
C
3
D
4

18.

Alur menginput hasil EDM ke dalam aplikasi yang dilakukan adalah: 

1. Klik tombol + tambah pada Tahun Anggaran dan Bulan Pengisian 

2. Memilih tingkatan yang sesuai dengan bukti fisik dengan menekan tombol T1/T2/T3/T4 

3. Menginput bukti-bukti fisik yang relevan dengan indikator 

4. Mengisi ringkasan deskripsi sesuai dengan indikator dan bukti yang diunggah

A
1-2-3-4
B
1-3-4-2
C
2-1-3-4
D
2-4-3-1

Demikian Kunci Jawaban 33. M02.14.U7 - Uji Pemahaman Instrumen EDM untuk TIM. Semoga bermanfaat.

Jawaban di atas tidak benar semua, jika di ikuti sama persi akan mendapat nilai 83. Tapi kalau mau mendapatkan nilai 100, sebaiknya soalnya dikerjakan sendiri saja.

Kalau Bapak/ Ibu guru berhalangan dalam mengakses video penjelasan dan kesulitan dalam mengunduh serta mempelajari ebook yang telah disediakan karena kendala sinyal dan lain hal, maka kunci jawaban di atas bisa dijadikan referensi.

Mau donasi lewat mana?

SeaBank - Saifullah (9016-9529-0071)

BRI - Saifullah (05680-10003-81533)

JAGO - Saifullah (1060-2675-3868)

BSI - Saifullah (0721-5491-550)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan rating Bintang 5. Tekan tombol merah disebelah kanan 👉
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apalagi? Tuliskan pada kolom komentar di bawah ini

Posting Komentar

Berkomunikasi adalah salah satu cara untuk saling memahami, yuk tinggalkan komentar :)
Popular Emoji
😊😁😅🤣🤩🥰😘😜😔😥😪😭😱🤭😇🤲🙏👈👉👆👇👌👍❤🤦‍♂️❌✅⭐

Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ketika komentar kamu sudah di jawab.
Parse:

Gambar Quote Pre Kode
Table of Contents



  • Home


  • Follow


  • Menu


  • Share


  • Comment
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kakak pakai plugin pemblokir iklan ya? Tolong kecualikan website ini dalam pemblokiran ya. Karena kami butuh penghasilan dari iklan untuk terus mengelola website ini agar bisa update artikel bermanfaat. Makasih ya 😊
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.