Pembahasan Materi Forming Passive Voice Halaman 105 Kelas 11 Bahasa Inggris

Saifulah.id - Kali ini saya akan membahas materi pada buku paket Bahasa Inggris Chapter 8 Halaman 105 Kelas XI (Sebelas) SMA / SMK / MA / MAK tentang Forming Passive Voice (Membuat Passive Voice.


Penjelasan

Seperti yang kita tahu, ada banyak sekali Tenses di dalam Bahasa Inggris. Setiap Tense memiliki perbedaan pada cara penggunaan Auxiliary Verb (is, am, are, was, were, etc) dan Action Verb (read, go, wash, etc)

Ketika ingin mengubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif, Verb itulah yang akan kita ubah. Nah, untuk mempermudah kalian membayangkan bagaimana bentuk kalimat masing-masing Tenses ketika dijadikan Passive Voice, lihat table 8.2 berikut.

Dari tabel di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa  kata kerja (Verb) pada Passive Voice harus menggunakan kata kerja bentuk ketiga (VIII) atau biasa di sebut Past Participle.

Kalau kalian bingung apa itu kata kerja bentuk ketiga, kalian bisa buka kamus bagian tengah yang membahas tentang Regular and Irreguler Verb, atau lihat kolom warna kuning di bawah.

Jadi, setiap kata kerja bentuk 1 dan 2 harus diubah dulu ke bentuk ke 3. Sedangkan to be atau kata bantu berupa is, am, are, has, had, have, was, will, dll menyesuaikan konteks kalimat dan subjeknya.

Semoga bisa dipahami ya. Kalau belum paham, jangan sungkan untuk bertanya melalui kolom komentar yang ada di bawah. 

Selain pembahasan soal di atas, kalian juga bisa menemukan pembahasan soal bahasa inggris lainnya dengan menekan tombol di bawah

Mau donasi lewat mana?

BRI - Saifullah (05680-10003-81533)

JAGO - Saifullah (1060-2675-3868)

BSI - Saifullah (0721-5491-550)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo balas dengan donasi. Tekan tombol merah.