Ciri-Ciri Ada Kompetitor Yang Iri dengan Lapakmu

Ciri-Ciri Ada Kompetitor Yang Iri dengan Lapakmu
Saifulah.id
 - Kompetitor atau pesaing di dunia usaha dan bisnis akan selalu ada. Namun, diantara mereka ada yang bersaing secara sehat dan adapula yang bersaing dengan menggunakan cara jahat. Kompetitor yang jahat ini rela menghalalkan segala cara untuk mengalahkan lawannya, bahkan dengan cara-cara busuk.


Ciri-Ciri Kompetitor Dengki dengan Usahamu

Ada ciri-ciri lapak usahamu sedang di jahili oleh kompetitor jahat, diantaranya:
  1. Rating Bintang 1 Tanpa Ulasan
    Mereka memberi bintang satu tanpa alasan sedikitpun padahal pelanggan setiamu seringkali memberi Bintang 5 dengan ulasan yang sangat positif.

    Hal ini saya alami sendiri ketika usaha saya mulai maju dan pelanggan mulai berdatangan. Tiba-tiba ada 2 akun dengan nama yang sama memberikan Bintang 1 tanpa ulasan apa-apa.

    Sebagai penjual tentu saya akan bertanya alasan kenapa dikasih bintang satu, apakah barang yang saya jual ada masalah. Kalau ada masalah tentu saya bisa menawarkan penukaran barang yang layak.

    Tapi sayangnya, ketika dihubungi dia tidak menanggapi sama sekali. Terlihat sengaja memberi rating buruk agar rating keseluruhan saya anjlok.

  2. Ada Akun Palsu Yang Chat Kamu
    Pesaing bisnis biasanya menggunakan akun palsu untuk memantau aktivitas kita dalam berbisnis. Mereka bisa saja memesan barang atau jasa kita untuk melihat seberapa bagus kualitas layanan dan harga jual yang kita berikan.

    Jadi, kalau ada akun pakai nama samaran, tanpa foto, dan memberi rating jelek, bisa jadi dia salah satu pesaing bisnismu.

  3. Ada Yang SPAM Order Tapi Gak Jadi
    Saking dengki dengan usaha kita, para kompetitor seringkali mengganggu aktivitas kita dalam berjualan. Mereka sengaja memesan barang dagangan berkali-kali, lalu membatalkannya.

Bagaimana Cara Mengatasi Kompetitor Jahat

  1. Tenang dan Sabar
    Jangan pernah panik menghadapi orang jahat. Kita harus selalu ingat bahwa ada Tuhan yang selalu mengawasi seluruh manusia dan akan membalas perbuatan baik dengan hal baik dan perbuatan jahat akan dibalas dengan hal jahat.

    Karma di dunia itu ada, begitupun hari pembalasan di akhirat juga dipercaya oleh hampir semua agama, apalagi di dalam agama islam.

    Jadi, serahkan semua ke Allah, insya Allah kita diberikan kelapangan rezeki yang berlimpah dari arah yang tidak diduga-duga.

    Ketika ada orang yang iri dan dengki dengan kita, disaat itu juga mereka sedang membakar habis pahala kebaikan yang pernah mereka lakukan.

    “Dari Abu Hurairah bahwa Nabi saw. bersabda: “Jauhilah hasad (dengki), karena hasad dapat memakan kebaikan seperti api memakan kayu bakar.” (HR Abu Dawud)

  2. Balas Kejahatan Dengan Kebaikan
    Jangan balas kejahatan dengan kejahatan lagi, karena itu akan membuat kita sama saja seperti mereka dan hanya akan membuat konflik tidak akan pernah berakhir.

    Balas lah kejahatan dengan kebaikan seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Selain kita dapat pahala, itu bisa mengurangi intensitas kejahatan yang dilakukan boleh para pesaing.

    Kebaikan di sini bisa ditujukan langsung ke kompetitor kita atau bisa juga diberikan kepada pelanggan kita yang lain dengan memaksimalkan pelayanan dan memberikan diskon atau bonus.

  3. Jangan Marah dan Putus Asa
    Jika ada yang sengaja memancing emosi, biarkan saja atau jangan balas chat nya. Jangan hanya karena satu orang mood kita jadi rusak seharian.

    Tujuan mereka mengganggu adalah agar kita marah dan lemah, jika kita marah berarti tujuan mereka tercapai. Jadi, keep calm and stay cool aja.
Demikian ciri-ciri ada kompetitor jahat yang mengganggu usaha kita. Para pesaing tersebut bisa saja kalian temukan saat berjualan online, menjadi Blogger, YouTuber, dll.

Sehingga tips di atas bisa diterapkan diberbagai lini kehidupan tanpa terkecuali. Semoga solusi yang saya berikan di atas bermanfaat.

Mau donasi lewat mana?

BRI - Saifullah (05680-10003-81533)

JAGO - Saifullah (1060-2675-3868)

BSI - Saifullah (0721-5491-550)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo balas dengan donasi. Tekan tombol merah.