Tujuan Pembelajaran Chapter 2 Why Don't You Visit Seattle? Kelas 12 Halaman 15

Tujuan Pembelajaran Chapter 2 Why Don't You Visit Seattle? Kelas 12 Halaman 15
Saifulah.id
 - Pada awal Chapter 2 kita diperlihatkan gambar kota di tepi laut yang menampilkan bangunan tinggi dan perahu layar. Lalu di atas gambar bertuliskan Why don't you visit Seattle? (Mengapa kamu tidak berkunjung ke kota Seattle saja?)

Pengetahuan Umum

Seattle adalah kota terbesar di wilayah Timur Laut Pasifik Amerika Serikat, terletak di negara bagian Washington antara Puget Sound dan Danau Washington, sekitar 180 km di sebelah selatan perbatasan Amerika Serikat-Kanada. (Wikipedia)

Seattle sering dikenal sebagai "Kota Hujan", meski julukan resminya adalah "Kota Zamrud". Seattle juga dikenal mempunyai reputasi akan konsumsi kopinya yang tinggi. Jaringan kedai kopi Starbucks berasal dari sini. Selain itu, perusahaan besar lainnya, misalnya Microsoft , Nordstorm, dan perusaahan pesawat Boeing juga bermarkas di Seattle Raya.

Julukan lain untuk kota Seattle: The Emerald City, Seatown, Rain City, Jet City, Gateway to Alaska, Gateway to The Pacific (Kota Zamrud, Kota Laut, Kota Hujan, Kota Jet, Gerbang ke Alaska, Gerbang ke Pasifik)

Tujuan Pembelajaran Chapter 2 Why Don't You Visit Seattle? Kelas 12 Halaman 15

Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari Bab 2, siswa diharapkan mampu melakukan hal-hal sebagai berikut:
  1. Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pengandaian diikuti oleh perintah/saran, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan if dengan imperative, can, should).
  2. Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pengandaian diikuti oleh perintah/saran, dengan memerhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Penjelasan

Inti dari tujuan pembelajaran di atas sebetulnya terletak pada kata yang saya warnai dan cetak tebal. Jadi, kalian tidak perlu membaca keseluruhan kalimatnya supaya tidak capek, bingung, dan pusing.

Singkatnya, di Chapter 2 ini kita akab belajar bagaimana cara menyarankan sesuatu menggunakan kata if yang diikuti oleh kata imperative, can, atau should.

Contoh:
  1. If you visit Seattle, arrive with this list in hand and you’ll be off to a foolproof start for exploring the Emerald City’s most unforgettable sights and sounds.
  2. If you visit Seattle, do the following things:
  3. If you want to enjoy Bainbrige Island, stroll around downtown’s galleries, boutiques, coffee houses and cafes.
  4. If you have enough time, tour the numerous art galleries in Friday Harbor.
  5. If you visit this city, you should explore the Space Needle and Pacific Science Center.
  6. If you are curious to know about it, you should explore the dynamics of flight and experience new aviation innovation.
Mungkin sebagian dari kalian bingung melihat contoh nomor 1 sampai nomor 4, karena setelah kata if, tidak ada kata should ataupun can, tapi menggunakan kata kerja lain seperti arrive, do, stroll, dan tour. Ini disebut dengan imperative.

Imperative sentence merupakan adalah sentence type (tipe kalimat) yang digunakan untuk membuat perintah (command), peringatan (warning), instruksi (instruction), nasihat (advice), juga permintaan (request).

Selain pembahasan soal di atas, kalian juga bisa menemukan pembahasan soal bahasa inggris lainnya untuk kelas XII (dua belas) SMA/ MA/ SMK/ MAK dengan menekan tombol di bawah

Mau donasi lewat mana?

BRI - Saifullah (05680-10003-81533)

JAGO - Saifullah (1060-2675-3868)

BSI - Saifullah (0721-5491-550)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo balas dengan donasi. Tekan tombol merah.